Visit Posyandu dan Posbindu (Visit Puskesmas Week 4)

Senin, tanggal 10 Oktober 2022, saya dan satu teman saya diberikan kesempatan dari Puskesmas Arcamanik untuk mengunjungi posyandu dan posbindu yang ada di Lembur Resik atau Kampung Resik, Kelurahan Sukamiskin. Jaraknya tidak terlalu jauh dari puskesmas dan hanya memakan waktu sekitar 10 menit dari Puskesmas Arcamanik jika menggunakan sepeda motor. Akses jalan yang dilalui untuk sampai ke sana agak berlubang dan becek karena hujan. Selain itu, cukup sulit untuk mendeteksi lokasinya di peta digital sehingga agak sulit untuk memesan kendaraan ojek online.

Di sana, ibu-ibu PKK yang menjadi petugas yang melakukan pemeriksaan kepada bayi dan balita sudah mulai melakukan tugasnya dan terlihat juga beberapa warga yang mulai berdatangan dengan membawa anak-anaknya. Pemeriksaan yang dilakukan bermacam-macam, ada pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan untuk balita, pengukuran panjang badan untuk bayi, pengukuran lingkar kepala, dan pengukuran tekanan darah untuk lansia. Pengukuran tekanan darah dilakukan oleh petugas dari puskesmas yaitu Pak Ramdan, sedangkan kegiatan pemeriksaan lainnya dilakukan oleh ibu-ibu PKK. Warga-warga di sana terlihat semangat dan aktif untuk pergi ke posyandu dan posbindu di sana untuk melakukan pemeriksaan. Ibu-ibu PKK yang menjadi petugas juga antusias dan dengan senang hati menyampaikan hasil pemeriksaan yang didapatkan kepada warganya.

Dari pemeriksaan tekanan darah, saya menemukan beberapa hal dari warga-warga yang datang. Kebanyakan warga yang memeriksakan tekanan darahnya mengeluhkan adanya keluhan pusing dan lemas, tetapi setelah pemeriksaan, tidak ditemukan adanya hipotensi ataupun hipertensi. Petugas puskesmas menyarankan untuk berolahraga, misalnya seperti senam dan menjaga pola makanan dan minuman agar tetap mendapatkan nutrisi yang baik dan bermanfaat untuk tubuh.

Setelah selesai, kami diajak untuk makan terlebih dahulu sebelum pulang oleh ibu-ibu PKK. Kemudian, setelahnya kami izin untuk pamit dan kembali ke puskesmas.

Hal-hal yang saya pelajari dari visit posyandu dan posbindu kali ini adalah cara pemeriksaan bayi dan balita, juga pemeriksaan tekanan darah dengan baik dan benar. Selain itu, saya juga bisa melihat cara kerja posyandu dan posbindu di daerah tersebut dan mengerti cara pengelolaan posyandu dan posbindu di masyarakat. Saya harap dengan kegiatan ini saya dapat mendapatkan pengetahuan lebih yang bisa bermanfaat untuk saya di masa depan terutama ketika berada di posyandu dan posbindu.