Software Blueprint IT hadir di opensource

Mendengar istilah Blueprint kesan pertama pasti akan terbayang sebuah kertas besar dengan rancangan gambar tekhnik hasil copy dari aslinya yang dicetak biru. Pendapat itu menurut saya tidak salah. Hanya istilah Blueprintnyalah yang mengalami perluasan makna. Blueprint saat ini diartikan sebagai sebuah rancangan menyeluruh yang terdokumentasi mengenai hal teknis. Dengan Blueprint seorang teknisi dapat mengembangkan sesuatu sesuai dengan bidang ahlinya. Jika blueprint itu blueprint pesawat ya tim produksi pesawat dapat membuat sesuai dengan blueprint yang telah dibuat.

Untuk bidang IT istilah blueprint mulai banyak digunakan sebagai grand design dalam pengembangan sistem. Aplikasi perancangan cukup banyak dibuat mulai dari yang umum seperti visio, khusus ke software seperti power designer. Terkadang proses perancangan tidak hanya sekedar menggambar secara teknis tapi struktur dokumentasi juga harus bagus.

Untuk merancang blueprint proyek IT, ada software baru nih namanya microsoft blueprint. Software ini memang masih beta tapi kalo opensource dan itu datangnya dari microsoft pasti jarang kan ? coba saja tengok di http://www.codeplex.com/blueprints . Software blueprint microsoft ini sudah ada integrasinya ke visual studio.

Saya sendiri belum mencoba, kalo ada yang sudah mencoba share disini pengalamannya.