Categories
Review

Review : A Day at Rumah Sakit Pendidikan Unpad

Intro

Pada hari Senin, 12 September 2022, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran melaksanakan kuliah umum perdana yang disaksikan oleh seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Dokter. Pada kegiatan tersebut, dipaparkan materi terkait dengan perubahan sistem pendidikan yang diterapkan oleh prodi Pendidikan Dokter di Unpad.

Mahasiswa baru (angkatan 2022), termasuk saya sendiri, menyaksikan paparan materi yang dilakukan oleh Prof. Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr., SpOG., SubspOnk., DMAS., dekan dari FK Unpad, di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad. Beberapa dari kami menyaksikan paparan materi tersebut secara langsung di Ruang Aula dan beberapa dari kami menyaksikannya melalui Zoom Meetings yang ditampilkan pada layar besar Ruang Auditorium.

Pemaparan MateriPerkenalan Dosen Tutor

 

Transformasi Pendidikan Kesehatan di Unpad: Menjawab Tantangan Problematik Kesehatan di Indonesia

FK Unpad menerapkan perubahan sistem akademik untuk menghasilkan dokter yang dapat mengatasi beberapa tantangan yang ada pada bidang kesehatan di Indonesia, seperti kurang meratanya persebaran dokter di seluruh wilayah Indonesia dan kurangnya dokter yang berkualitas, baik secara moral maupun kemampuan ilmiah.

Dengan menitikberatkan program perkuliahan pada Problem Based Learning (PBL) untuk membentuk pola pikir yang kritis terhadap berbagai masalah kesehatan, FK Unpad menerapkan kurikulum yang transformatif melalui Academic Health System untuk mewujudkan tujuan yang dimiliki oleh Universitas Padjadjaran, yaitu Bermanfaat dan Mendunia. Kurikulum ini mengharapkan dokter di masa depan dapat menjadi agents of change yang dapat mengubah perilaku masyarakat, melawan tantangan kesehatan, serta menjadi panutan bagi masyarakat di sekitarnya. Dalam mewujudkan Academic Health System yang berbasis bukti-bukti ilmiah, Unpad bekerja sama dengan empat fakultas serumpun yang ada serta beberapa klinik dan rumah sakit untuk mencapai kepuasan masyarakat dan peserta didik serta meningkatkan kualitas pelayanan dan intensitas penelitian.

“Though costly, good service develop happy and healthy patients.”

 

outro

Setelah mendapatkan paparan materi, kami diperkenalkan dengan para dosen tutor yang akan membimbing pelaksanaan tutor selama satu semester ke depan. Selain itu, mahasiswa baru mendapatkan kesempatan untuk melihat fasilitas yang ada di gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad.

RS Pendidikan Unpad 1 RS Pendidikan Unpad 2 RS Pendidikan Unpad 3RS Pendidikan Unpad 4

RS Pendidikan Unpad 5

It was a memorable day! Sekian dan Hatur Nuhun!