Duh! Penjualan Motor Mei 2022 Anjlok 43%, Ada Apa?

Pemasaran motor di Indonesia bulan Mei 2022 turun sampai 43%. Federasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) membuka dua factor sebagai pemicu lemasnya pemasaran motor di Tanah Air di masa itu.

Kebanyakan industri sepeda motor Indonesia dapat menjajakan 300-400 beberapa ribu unit motor perbulan. Tetapi di Mei 2022, pemasaran motor di pasar lokal cuma kira-kira 240 beberapa ribu unit.

Mengambil data AISI, pemasaran motor Mei 2022 di pasar lokal tertera 248.235 unit. Angka tersebut turun sampai 43% dari pemasaran April 2022 masih yang mendatangkan angka 439.472 unit.

Ini jadi angka pemasaran motor sangat rendah di lima bulan awal tahun 2022. Di Januari 2022 pemasaran motor sampai angka 443.890 unit, lalu Februari 2022 angkanya 368.131 unit, serta Maret 2022 angkanya 450.565 unit.

Diperjelas oleh Sekretaris Jenderal AISI, Hari Budianto, ada dua factor yang sebabkan dropnya pemasaran motor di pasar lokal di Mei 2022. Pertama yaitu sebab panjangnya masa liburan lebaran serta ke-2 sebab berlangsungnya kritis chip semikonduktor.

“Sebab hari kerja yang lebih pendek juga kritis ketersediaan semikonduktor,” jelas Hari pada detikOto dalam kejelasannya, Senin (27/6/2022).

Untuk info, di Mei 2022 hari kerja benar-benar lebih pendek dari bulan-bulan awalnya dipicu liburan panjang yang diputuskan pemerintahan, bersamaan dibolehkannya kembali rutinitas mudik lebaran berakhir dua tahun tidak boleh karena wabah virus Corona. Tertera ada lima hari liburan dalam bulan Mei 2022, belumlah lagi ditambah lagi cuti bersama lebaran.

Selainnya factor liburan lebaran, factor yang lain membuat dropnya pemasaran motor dalam bulan Mei 2022 yaitu sebab macetnya proses produksi kendaraan menjadi pengaruh kritis chip semikonduktor yang menghajar industri otomotif.

Bulan akhir lalu contohnya, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan permintaan maaf pada customer sebab beberapa style Honda harus inden lama gara-gara kritis itu.

“Kami memohon maaf udah membuat Anda tunggu semakin lama. Waktu ini kami sedang usaha menyelesaikan problem itu untuk penuhi impian customer setia motor Honda sebagus-baiknya. Ini loyalitas kami, sama hal yang sekian lama ini udah kami kerjakan terus untuk memberinya produk, dan pelayanan terbaik untuk customer kami di Indonesia sama sesuai semangat Satu Hati,” catat AHM dalam pengakuannya (31/5/2022).

Setali tiga uang dengan Honda, Yamaha lantas mengenyam keadaan begitu. Beberapa produk Yamaha yang gunakan technologi mutakhir harus terganggu proses produksinya sebab tariknya ketersediaan semikonduktor.

“Terpenting di Maxi, technologi Yamaha ini kan mutakhir, gunakan microchip, serta ada connective function,keyless. Nach ini semuagak dapat tambah capacity-nya. Menyusut sedikit, tetapi mulai recovery back. Jadilevelnya par saja, sama seperti pada tahun saat kemarin. Gak dapat naik, tunggu kemampuan produksi semikonduktor naik,” kata Executive Vice President dan COO PT Yamaha Indonesia Motor Manufaktur (YIMM), Dyonisius Beti, pada peliput di Jakarta (27/5/2022).

Kunjungi >>> spdindonesia.id