Webinar OCEAN 🌊

Halo, semua 👋🏼

Pada kiriman kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti salah satu webinar yang sangat informatif. Webinar OCEAN, akronim dari “Ayo Cegah Breast Cancer”, merupakan salah satu webinar yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi tugas elektif salah satu kelompok. Jujur saja, menurut saya, untuk bisa mengadakan webinar dengan waktu sesingkat ini bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, saya cukup terpukau dengan kerja keras panitia di belakang layar pelaksanaan webinar ini.

Selanjutnya, saya akan berbagi tentang materi yang saya dapatkan di webinar ini. Webinar ini memiliki dua narasumber yang sangat menarik, yaitu Dr. Raden Yohana, dr., Sp.B(K)-Onk dan Ibu Yanti Setiawadi selaku ketua komunitas Bandung Cancer Society.

Kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di jaringan payudara.
Kanker ini terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tumbuh tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya. Kanker payudara bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu atau di saluran yang membawa air susu dari kelenjar puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara. Meski lebih sering terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria.

Kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker. Data Globocan tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Sementara itu, untuk jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus.

Tidak jauh berbeda dengan prevelansi di seluruh dunia, insiden penyakit ini diperkirakan semakin tinggi di seluruh dunia. Menurut WHO (2018), prevalensi kanker payudara sebesar 80.653.000 kasus dimana kanker in paling banyak diderita oleh kaum wanita. Terdapat 58.256.000 kasus terjadi di negara berkembang dan menyebabkan 22.692.000 kematian akibat kanker payudara.

Pada webinar ini, kata-kata yang sangat ter-highlight menurut saya pribadi adalah hal terpenting dari kanker payudara ini, yaitu mengenali kanker secara dini dan menghindari faktor-faktor risiko. Mengenali kanker payudara secara dini akan sangat menguntungkan karena lebih cepat diketahui tentunya akan lebih cepat juga untuk diterapi. Faktor risiko yang mungkin bisa kita hindari, diantaranya merokok, konsumsi lemak dan alkohol secara berlebih, hindari stres berat.