Laboratorium Imunologi πŸ§‘πŸ»β€πŸ”¬πŸ¦ 

Halo, semua πŸ‘‹πŸΌ

Laboratorium yang saya kunjungi selanjutnya adalah laboratorium imunologi yang terletak di Gedung Pamitran Unpad. Pada kiriman kali ini, saya akan bercerita sekaligus berbagi ilmu tentang alat-alat yang saya jumpai di laboratorium imunologi pada hari itu.

CD4 digunakan untuk melakukan pencacahan langsung jumlah absolut CD4, persentase CD4, limfosit, dan konsentrasi hemoglobin dalam darah lengkap manusia. CD4 paling sering digunakan untuk perawatan untuk pasien HIV yang bisa memberikan hasil CD4 dari darah lengkap.

GeneXpert digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya darah atau virus di dalam sampel. Setelah darah di centrifuge, plasma akan diambil 1000 micron. Scan barcode yang ada di cartridge sebelum dimasukkan ke dalam mesin.

ELISA digunakan untuk mengukur ikatan antigen-antibodi antara protein, hormon, peptida, sitokin. Ada empat jenis ELISA, yaitu sandwich, competitive, direct, dan indirect. Pengerjaan ELISA dibagi menjadi tiga langkah, yaitu pre-analytic, analytic, dan post-analytic.

Pre-analyticΒ -> Mulai dari pengambilan sampel, dilihat caranya lalu transportnya, media transportnya, pelabelan, suhu transport. Sampelnya rata-rata darah. Tutupnya warna-warni karena ada yang untuk serum dan plasma. Ungu terdapat antikoagulan EDTA, warna biru terdapat antikoagulan natrium sitrat, warna kuning khusus untuk serum. Pelabelan harus terdapat ID, nama, tanggal lahir.

Analytic -> Masuk ke ELISA. Alat dan bahan yang diperlukan, yaitu serum, reagen (enzyme substrat, wash buffer, standard, diluent,stop solution), plate, micropipette. Plate antigennya ditempel serum dimasukkan ditambah diluent, antibodi akan berikatan dengan antigen setelah itu dicuci untuk menghilangkan yang tidak berikatan. Dikasih enzyme agar berikatan kuat dan keluar warna. Dibaca di alat ELISA reader lalu keluar hasilnya berupa OD Value yang akan dibandingkan dengan nilai standar. Selanjutnya, dibuat kurva standar untuk membandingkan konsentrasi sampel.

Post-analytic -> Analisis hasil agar dapat konsentrasi sampel yang diinginkan. Masukkan OD Value ke rumus kurva standar yang telah didapatkan.

Centrifuge digunakan untuk mendapatkan serum. Kecepatannya berbeda, jenis tabungnya berbeda-beda, ada yang menggunakan suhu. Tergantung untuk memeriksa apa.

Flowcytometry digunakan untuk mendeteksi dan analisis sel atau partikel berdasarkan karakteristik kimia dan fisiknya. Fisik : ukuran. Kimia : Organel dan zat kimia di dalamnya. Flowcytometry dalam kesehariannya seing digunakan untuk menghitung sel, mengetahui fungsi sel, menentukan sel kanker, analisis DNA, menegakkan diagnosis, follow-up treatment. Sampel dimasukkan ke dalam, didalamnya akan ada saluran yang menjadi tempat sel berjalan satu-satu. Laser didalamnya akan menembakkan sel dari segala arah dan sel akan berpendar. Karena selnya dikasi penanda (antibodi) dan penandanya diberi kloroform sehingga akan menghasilkan warna. Sinar pendaran yang dihasilkan akan diterjemahkan oleh alatnya sehingga keluarlah hasil berupa titik-titik yang bisa dilihat di layar komputer yang terhubung.