Berikut laporan akhir PKM kami: https://bit.ly/LaporanAkhirPKMTW2201A

Aktivitas : Technical Meeting PKM : Penyuluhan Kanker Payudara Untuk Murid SMA Al-Jawami
Waktu : Senin 29 Agustus 2022, 09.30
Lokasi : Online – Zoom Meeting

Sebelum melaksanakan kegiatan wahana terakhir kami pada hari selasa 20/08/2022 yaitu PKM: Penyuluhan Kanker Payudara Untuk Murid SMA Al-Jawami, kami melaksanakan technical meeting bersama seluruh anggota kelompok NM dan SW serta para dosen pembimbing kami, Bu Nayla dan dr. Siska. Pada pertemuan ini kami membahas kelengkapan seluruh acara kami serta koreksi ROP lengkap.

Berikut kelengkapan yang kami bicarakan dalam pertemuan ini:

  • PO (project officer) dan VPO (vice project officer) acara
  • Observasi lokasi
  • Waktu panitia berkumpul
  • Logistik acara (proyektor, kabel, dll)
  • Sambutan acara
  • Konsumsi dan dana konsumsi
  • Dokumentasi
  • Games
  • Sesi fasil

Aktivitas : PKM : Penyuluhan Kanker Payudara Untuk Murid SMA Al-Jawami
Waktu : Selasa 30 Agustus 2022, 06.30
Lokasi : Offline – SMA Al-Jawami

ROP acara secara lengkap dapat diakses di link berikut:
ROP PKM SMA Al-Jawami

Acara penyuluhan kami mulai bersama anak perempuan SMA Al-Jawami tepatnya pada pukul 8 pagi dengan bimbingan Bu Nayla sebagai perwakilan dosen pembimbing. Acara berlanjut dengan pre-test, pemaparan materi, games, sesi fasil dengan kakak fasilitator masing-masing, post-test.

Pada sesi fasil saya dengan pasangan fasilitator saya, Putri Maharani dari kelompok SW, memulai dengan memperkenalkan diri kami terlebih dahulu dan mempersilahkan anggota fasil kami untuk memperkenalkan diri masing-masing. Kemudian kami meninjau kembali materi yang telah disampaikan pada sesi pemaparan materi. Saya menjelaskan mengenai definisi dan epidemiologi dari kanker payudara, dan memperdalam dengan menjelaskan mengapa kanker pembelahan sel secara tak terkendali dapat menyebabkan kanker payudara.

Putri melanjutkan dengan menjelaskan dan menanyakan anggota fasil kami mengenai tanda dan gejala dari kanker payudara, dan seluruh anggota kami dapat menjawab dengan benar. Kemudian kami melakukan sesi tanya-jawab dimana kami membebaskan mereka untuk menanyakan seputar kanker payudara dan sistem reproduksi.

Salah satu anggota fasil kami memulai dengan bercerita mengenai salah satu anggota keluarganya yang telah menjalani operasi pengangkatan payudara, mastektomi, setelah mendapatkan diagnosis kanker payudara. Mereka juga berlanjut bertanya jika rasa sakit dan keram pada payudara dapat menandakan kanker payudara. Kami menjelaskan mengenai growing pains pada wanita yang termasuk rasa sakit dan keram pada bagian payudara selama masa pertumbuhan.

Kemudian mereka bertanya mengenai daerah merah yang dijelaskan pada pemaparan materi. Kami menjelaskan bahwa bagian tersebut adalah daerah yang harus lebih diperhatikan, sebab sering ditemukan tumor payudara pada daerah tersebut.

Sesi fasil tersebut kami akhiri dengan pengisian post-test dan penutupan bersama.

Kelengkapan serta dokumentasi acara dapat diakses di link berikut: PKM Breast Cancer SMA Al-Jawami