Aktivitas : Presentasi Basic Science Breast Cancer Part 1
Waktu : Sabtu 27 Agustus 2022, 19.00
Lokasi : Online – Zoom Meeting

Dalam pertemuan sebelumnya, Diskusi Tugas, Presentasi, dan Kegiatan Wahana Daring, kami telah ditugaskan untuk mempelajari dan mempresentasikan basic science of breast cancer agar kegiatan PKM penyuluhan kanker payudara untuk SMA Al-Jawami berjalan dengan lancar. Berikut adalah materi presentasi berbentuk powerpoint yang kami gunakan: Presentasi Basic Science of Breast Cancer

Pada pertemuan ini kami mempresentasikan 2 topik awal yaitu: hallmarks of cancer dan biology of breast cancer.

Aktivitas : Presentasi Basic Science Breast Cancer Part 2
Waktu : Minggu 28 Agustus 2022, 08.00
Lokasi : Online – Zoom Meeting

Sebelum melanjutkan pembahasan kami pada pertemuan sebelumnya dengan 2 topik akhir yaitu: breast cancer therapy dan breast cancer detection, kami mempelajari lebih lanjut mengenai biology of breast cancer lebih tepatnya pada topik kategorisasi kanker payudara. Kategorisasi tersebut dapat dibagi menjadi sifat invasifitas atau eksistensi reseptor progesteron dan estrogen.

Berdasarkan invasifitas, kanker payudara dapat dibagi menjadi non invasif (DCIS dan LCIS), dan invasif (IDC, ILC, Paget’s Disease, dll).

Pada topik pendeteksian kanker payudara, saya menggunakan Mayo Clinic sebagai sumber: Mayo Clinic – Breast Cancer Diagnosis.

Breast cancer detection terdiri dari:

  1. Breast self-exam: dapat dilakukan oleh pasien di kamar mandi, di depan kaca, dan saat berbaring secara mandiri.
  2. Breast clinical exam: dilaksanakan oleh petugas kesehatan yang berkompeten, pasien mungkin diminta untuk mengangkat tangan di atas kepala, membiarkannya menggantung di sisi tubuh, atau menekan tangan ke pinggul. Postur ini memungkinkan dokter untuk mencari perbedaan ukuran atau bentuk antara payudara pasien. Dengan menggunakan bantalan jari, dokter akan memeriksa seluruh area payudara, ketiak, dan tulang selangka untuk mencari adanya benjolan atau kelainan.
  3. Mammogram: menggunakan radiasi sinar-X untuk menghasilkan gambar diagnostik. Sinar-X yang digunakan dalam mamografi memiliki energi yang lebih rendah daripada yang digunakan dalam CT atau radiografi biasa.
  4. Ultrasound: menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar struktur jauh di dalam tubuh, dapat digunakan untuk menentukan apakah benjolan payudara baru adalah massa padat atau kista berisi cairan.
  5. Biopsy: satu-satunya cara definitif untuk membuat diagnosis kanker payudara. Sampel akan digunakan untuk menganalisis sifat kanker sel, jenis sel yang terlibat, agresivitas, dan keterlihatan reseptor hormon.
  6. MRI: menggunakan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambar bagian dalam payudara. MRI tidak menggunakan radiasi untuk membuat gambar.