Journey 04: Seminar Pakar – Riset Ilmu Kedokteran Dasar Menjawab dan Menyelesaikan Masalah Kanker Payudara Metastasis📑

Tepat sehari setelah kegiatan sebelumnya, kunjungan pada Laboratorium Imunologi, rangkaian kegiatan selanjutnya dijalankan, yaitu kegiatan Seminar Pakar pada tanggal 13 Agustus 2022. Kegiatan seminar pakar kali ini dilaksanakan secara hybrid yang diawali terlebih dahulu dengan olahraga bersama mengelilingi kampus Universitas Padjadajaran bagi teman-teman yang bisa hadir secara luring. Sayangnya, hari itu saya sedang berhalangan untuk hadir, sehingga hanya bisa megikuti kegiatan seminar pakar kali ini secara daring.

Dr. Mohammad Ghozali, dr., MSc. atau yang lebih akrab disapa Dokter Ghozali menjadi narasumber pada kegiatan seminar pakar yang bertema “Riset Ilmu Kedokteran Dasar Menjawab dan Menyelesaikan Masalah Kanker Payudara Metastasis” ini. Melalui pemaparannya, Dokter Ghozali menyampaikan materi pada slides presentasi yang pernah diberikan pada kami sebelumnya, yaitu Materi Perkenalan Program Ca Mammae Payudara.

Melalui penjelasannya, Dokter Ghozali menyampaikan beberapa materi terkait kanker payudara dan keadaan terkait kanker payudara dewasa ini di masyarakat. Salah satu diantaranya adalah penjelasan mengenai perkembangan sel kanker pada kanker payudara yang cenderung lebih cepat dibanding kanker lainnya sehingga masih banyak pasien yang baru didiagnosis saat sudah mencapai stadium lanjut. Selain itu, adanya beberapa jenis kanker payudara, jelas membuat setiap kasusnya tidak bisa ditangani dengan cara yang sama. Terlebih lagi banyak juga ditemukan kasus-kasus kekambuhan kanker walaupuun pasiennya sudah di mastectomy. Berbagai urgensi tersebut kemudian melatarbelakangi pembentukan wahana elektif ini sebagai salah satu cara menstimulus kami untuk bisa memikirkan penyelesaian masalah inovatif terkait hal ini. Setidaknya itulah yang saya tangkap melalui penjelasan beliau.

Setelah sedikit pemaparan terkait kanker payudara, Dokter Ghozali juga menjelaskan materi terkait dengan kanker secara umum, lebih tepatnya adalah mengenai hallmarks of cancer yang berisi delapan ciri-ciri sel kanker dan 2 faktor pemicu perkembangannya. Adapun hallmarks of cancer tersebut, meliputi:

  1. Self-sufficiency in growth signals –> mampu memproduksi faktor pertumbuhan dan memiliki reseptor faktor pertumbuhan sendiri.
  2. Insensitivity to growth-inhibitory signals –> tidak mengenal dan tidak merespon sinyal penghambatan pertumbuhan.
  3. Evasion of apoptosis –>  tidak peka atau gagal merespon sinyal apoptosis.
  4. Limitless replicative potential (immortality) –> tidak mengalami aging dan memungkinkan untuk tetap membelah diri.
  5. Altered cellular metabolism –> metabolisme selnya abnormal, cenderung membutuhkan energi dan nutrisi yang lebih tinggi.
  6. Sustained angiogenesis –> dapat menginduksi pembentukan pembuluh darah baru disekitar jaringannya.
  7. Invasion and metastasis –> bisa berpindah dari lokasi primernya.
  8. Evasion of immune surveillance –> bisa menghindari sistem kekebalan tubuh.
  9. Genomic instability –> ketidakstabilan genetik dapat menjadi faktor pemicu berkembangnya sel kanker.
  10. Tumor-promoting inflammation –> inflamasi lokal yang kronik juga dapat menjadi faktor pemicu berkembangnya sel kanker.

Secara keseluruhan kegiatan seminar pakar ini berjalan dengan lancar dan masih bisa diikuti secara daring dengan baik, hanya saja terdapat beberapa kendala yang saya temui sebagai perserta yang menghadiri kegaitan ini secara daring. Slide presentasi yang tidak berpindah-pindah dan suara Dokter Ghozali juga teman-teman yang hilang timbul menjadi kenadala utamanya. Walaupun begitu kegiatan seminar pakar ini masih bisa saya ikuti dengan cukup baik dengan memanfaatkan beberapa keadaan. Pertama, saya memanfaatkan layar putih di belakang ruangan yang memantulkan bayangan dari isi slides yang sedang ditampilkan dan file slides yang sudah kami dapatkan sebelumnya untuk bisa melihat slides yang sedang ditampilkan. Kedua menggunakan earphone dan mengatur volumenya cukup tinggi untuk bisa mendengarkan apa yang sedang disampaikan oleh peserta luring seminar ini.

Melalui kegiatan ini saya menjadi sadar bahwa masih banyak permasalahan-permasalahan kesehatan serius yang kurang banyak dilirik oleh khalayak ramai. Untuk itu, menjadi peka juga lebih sering mengobservas dan mencari tahu mengenai berbagai hal yang terjadi di sekitar kita merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan. Saya harap, kedepannya saya bisa menjadi pribadi yang bisa mengembangkan kebiasaan tersebut.

Sekian catatan saya kali ini, terima kasih.