Journey 05: Changes and How We Deal with It🌊

Pepatah mengatakan “Manusia hanya berencana, Tuhan yang menentukan” benarlah adanya. Memasuki minggu kedua dalam pelaksanaan wahana elektif ini, sedikit perubahan terjadi pada jadwal dan mekanisme beberapa rangkaian kegiatannya. Hal ini terjadi karena terdapat beberapa mahasiswa yang terkonfirmasi positif COVID-19, termasuk Kemal, teman sekelompok kami.

Kejadian ini akhirnya membuat Dokter Ghozali akhirnya mengundang kelompok kami dan Bu Nayla untuk bertemu dan berdiskusi mengenai Penyakit Infeksi Menular. Pertemuan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting tepat di malam hari setelah seminar pakar pertama dilakukan, yaitu pada tanggal 13 Agustus 2022. Adapun isi dari diskusi ini meliputi pembahasan seputar penyebab, gejala, tahap penyembuhan, dan strategi pencegahan penyakit infeksi menular. Melalui pertemuan ini, Dokter Ghozali mengingatkan kami untuk menjaga kesehatan dan memperhatikan protokol kesehatan untuk kegiatan kami selanjutnya di wahana ini.

Gambar 1.0 Tangkapan layar Diskusi Penyakit Infeksi Menular secara daring

Pertemuan tersebut bukanlah titik perubahan pada kegiatan elektif ini terjadi. Perubahan pada kegiatan elektif kami terjadi setelah pemberitahuan yang diberikan pada tanggal 15 Agustus 2022. Adapun inti dari pemberitahuan tersebut adalah adanya 3 perubahan berikut:

  1. Kegiatan Simulasi Laboratorium Biomedik Dasar dipindahkan ke tanggal 25 Agustus 2022
  2. Kegiatan Observasi Klinik Gizi yang awalnya akan dilaksanakan secara luring diadaptasikan menjadi bentuk daring sinkronous dan asinkronous
  3. Kegiatan Kunjungan ke SMA Al-Jawami yang awalnya akan dipindahkan ke tanggal 26 Agustus 2022

Menindaklanjuti hal ini akhirnya kelompok kami pun berdiskusi dan sepakat untuk bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bisa dilaksanakan secara daring terlebih dahulu untuk mengisi kekosongan jadwal di minggu kedua ini karena adanya perubahan jadwal tersebut. Adapun hasil dari pertemuan pada tanggal 16 Agustus 2022 ini adalah daftar kegiatan dan pekerjaan yang akan kami lakukan semana seminggu ini, meliputi:

  1. Pengerjaan blog pribadi masing-masing.
  2. Dietary Recall yang akan dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2022 (masing-masing dari kami perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu).
  3. Pembuatan slides presentasi mengenai materi terkait breast cancer.
  4. Pembuatan konten online campaign untuk akun instagram @pinkribbonunpad yang terdiri dari masing-masing satu unggahan untuk feeds, reels, dan story.
  5. Berkoordinasi dengan kelompok Dokter Siska terkait persiapan pelaksanaan PKM di SMA Al-Jawami.

Gambar 2.0 Tangkapan layar diskusi terkait langkah apa yang akan kai ambil selanjutnya secara daring

Berbagai kejadian ini membuat saya sadar bahwa perubahan adalah hal yang pasti terjadi dalam kehidupan kita. Besar ataupun kecil, perubahan-perubahan tersebut juga akan memberikan dampak pada kehidupan kita, baik secara positif, maupun negatif. Beradaptasi tentu saja merupakan satu-satunya hal yang perlu kita lakukan untuk menghadapi perubahan tersebut.

Demikian catatan saya kali ini, terima kasih.