Mata Kuliah

Perkuliahan program elektif berlangsung secara daring dengan platform zoom meeting. Pada perkuliahan daring ini masing-masing kelompok mempresentasikan hasil belajar mengenai topik yang dibahas oleh masing-masing kelompok. Terdapat 3 kelompok dengan pokok bahasan yang berbeda, pokok bahasan ini akan dirangkum dalam sebuah presentasi materi yang nantinya akan dikolektifkan pada pekan keempat untuk review. Sehingga hasil ajar dari setiap mahasiswa akan merata tanpa ada ketimpangan. Pada program elektif yang saya jalani yakni mengenai surveillance covid-19 ini ketiga kelompok tersebut masing-masing membahas topik mengenai covid-19. Pembagian tersebut bertujuan agar proses belajar berlangsung efektif. Adapun pembagian pokok bahasan adalah sebagai berikut.

Kelompok 1 yang akan melakukan presentasi pada minggu pertama pembelajaran elektif, mendapat pokok bahasan mengenai virus SARS-COV 2. Mereka membahas secara mendalam mengenai virus tersebut, dimulai dari aspek karakteristik virus tersebut dan morfologi virus tersebut.

Kelompok 2 yang merupakan kelompok saya mendapatkan bagian presentasi pada minggu kedua. Pokok bahasan yang dibawakan oleh kelompok saya mengenai New Technology yang berkaitan dengan covid-19. Dimana kelompok saya memaparkan mengenai teknologi yang digunakan untuk mendiagnosis covid-19 dan juga identifikasi beragam varian covid-19.

Kelompok 3 yang merupakan kelompok terakhir akan membahas mengenai epidemiology covid-19 pada minggu ketiga. Kelompok ini membawakan pokok bahasan mengenai clinical dan molecular epidemiology dan surveillance covid-19.

Terakhir nantinya pada minggu keempat akan diadakan pertemuan yang membahas wrap-up dari semua materi yang dipelajari untuk dijadikan rangkuman dan juga refleksi untuk mahasiswa sehingga materi diterima secara menyeluruh.