Diskusi pleno minggu ketiga

Pada pertemuan diskusi pleno minggu ketiga ini seperti biasanya kelompok ketiga sekarang akan memaparkan materi yang telah dipelajari sesuai dengan pembagian materi mereka. Kelompok tiga ini memaparkan materi mengenai Surveillance atau mengenai pemantauan.

Apa yang dipantau atau apa maksud dari surveillance ini?

Pemantauan yang dimaksud adalah pemantauan kondisi atau status kesehatan dari suatu populasi. Surveillance tersendiri terbagi atas 3, National/Universal Surveillance, Sentinel Surveillance, dan Mortality Surveillance.

National surveillance sendiri adalah contohnya, pengambilan data secara masif dan kolaboratif (universal) untuk keperluan pencegahan, kontrol, dan monitor perkembangan penyakit.

Sentinel Surveillance adalah, sebuah kegiatan pengawasan terhadap suatu penyakit lewat mediasi tenaga medis, laboratorium, dan public health untuk melihat dan mengevaluasi stabilitas dan perubahan keadaan kesehatan suatu populasi

Mortality Surveillance adalah, pengawasan secara sistematis terhadap data mengenai kematian da penyebaran informasi untuk meninjau tindakan yang akan diambil yang bertujuan untuk mengatasi masalah kualitas data dan kesehatan masyarakat. Selain itu kami juga dikenalkan menganai istilah variant of concern dan variant of interest.