Refleksi Pembelajaran

Seminar Pakar :

“Transformasi Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran”

Perkuliahan pada semester ganjil tahun kedua diawali dengan seminar pakar “Transformasi Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran”. Seminar ini dilaksanakan pada hari Senin, 12 September 2022 dan dilaksanakan secara hybrid.

Pada mulanya, saya cukup kaget dengan perubahan kebijakan seminar yang awalnya dilakukan secara online namun pada akhirnya seluruh mahasiswa diwajibkan berada di kampus Jatinangor (untuk tahun kedua dan ketiga). Saat itu saya sedang berada di luar Jatinangor dan cukup sulit apabila ingin mobilisasi ke Jatinangor hari itu juga. Oleh karenanya saya menyempatkan diri untuk pergi ke Jatinangor dari jam 05.00 dini hari.

Setibanya disana, saya sangat senang karena dapat bertatap muka dengan teman-teman seangkatan saya setelah mengenal satu sama lain selama satu tahun hanya dari tatap maya. Saya kemudian masuk ke gedung C5 untuk mendengarkam seminar pakar yang disampaikan oleh Prof. Dr. Yudi Maulana Hidayat. dr. Sp. OG SubspOnk. DMAS. melalui zoom meeting. Seminar pakar ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Dari seminar pakar ini, saya mulai sedikit demi sedikit terbuka terhadap sistem dan kurikulum baru yang ada di FK Unpad. Meskipun sejujurnya saya sangat merasa kesulitan untuk beradaptasi, dari seminar ini saya menjadi semakin bersemangat untuk terus mencari dan memahami apa “maksud” dari sistem pembelajaran yang ada agar saya dapat leluasa menjalankannya. Memang sulit dan banyak sekali kejutan bagi saya dengan sistem pembelajaran yang baru ini. Namun, sebagai seseorang yang ingin terus berkembang saya harap dari seminar ini akan menjadi titik balik bagi diri saya menemukan tujuan saya kembali menjadi seorang dokter dan melawan segala tantangan yang ada.