Immunology Laboratory Tour

Immunology Laboratory Tour

Setelah melakukan lab tour singkat di pertemuan pertama, saya dan kelompok MG 2 kembali melakukan lab tour di pertemuan ke-3 di tanggal 10 Agustus 2022. Akan tetapi untuk lab tour kali ini, kami hanya mengunjungi satu laboratorium yaitu laboratorium immunology. Hal ini disebabkan karena topik elektif kami paling berkaitan dengan bidang immunology.

Berikut adalah alat – alat yang saya temui dan pelajari saat melakukan Immunology Laboratory Tour.

1.  ELISA (Enzim-Linked Immuno Sorbent Assay)

    • ELISA merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menilai kuantifikasi kadar peptida, protein, antibodi dan hormon, berdasarkan prinsip ikatan antigen-antibodi.
    • Jenis Pemeriksaan ELISA
      1. Direct : Pemeriksaan ELISA langsung dilakukan di mana antigen diimobilisasi ke permukaan dari plat dan dideteksi dengan antibodi spesifik terhadap antigen dan secara langsung terkonjugasi dengan HRP atau molekul deteksi lain.
      2. Indirect : ada Teknik ELISA Indirect yang dicari adalah antibodi sehingga diperlukan antigen yang spesifik. Antigen spesifik (monoclonal), antibodi yang dicari pada sampel, antibodi sekunder yang berlabel enzim, substrat, dan stop solution adalah mutlak diperlukan untuk Teknik ELISA indirect ini
      3. Sandwich : Teknik Elisa Sandwich mirip dengan Elisa direct yaitu mencari antigen yang diinginkan dan yang membedakan adalah pada Elisa Sadwich, antigen yang dicari tidak perlu dipurifikasikan.
      4. Competitive: Teknik ELISA Competitive merupakan pengembangan Teknik Elisa yang berguna untuk menguji keberadaan antigen atau antibodi. Prinsip kerja Teknik ini adalah dengan menambahkan competitor untuk bereaksi dengan antigen atau antibodi yang terjadi pada microtiter.
    • Terdapat tiga tahap pengendalian mutu internal (PMI) yang dilakukan,yaitu: .
      1. Tahap Pra analitik : Pengiriman sampel
      2. Tahap Analitik : Proses pengerjaan ELISA
      3. Tahap Pasca analitik : Pembacaan, analisis, dan pengiriman hasil ELISA
    • Jenis-jenis tabung pengumpul darah Vacutainer
    • Tabung tutup merah                              
      • Tabung ini tanpa penambahan zat additive, darah akan menjadi beku . Umumnya digunakan untuk pemeriksaan kimia darah, imunologi, serologi dan bank darah (crossmatching test)  
    • Tabung tutup kuning                                                                       
      • Tabung ini berisi gel separator (serum separator tube/SST) yang fungsinya memisahkan serum dan sel darah. Umumnya digunakan untuk pemeriksaan kimia darah, imunologi dan serologi                
    • Tabung tutup hijau terang                                                          
      • Tabung ini berisi gel separator (plasma separator tube/PST) dengan antikoagulan lithium heparin. Umumnya digunakan untuk pemeriksaan kimia darah            
    • Tabung tutup ungu atau lavender                                                
      • Tabung ini berisi EDTA. Umumnya digunakan untuk pemeriksaan darah lengkap dan bank darah (crossmatch).                                                  
    • Tabung tutup biru   
      • Tabung ini berisi natrium sitrat. Umumnya digunakan untuk pemeriksaan koagulasi (mis. PPT, APTT)                                                                                                                                                                                                                                                          
    • Tabung tutup abu-abu terang                                           
      • Tabung ini berisi natrium fluoride dan kalium oksalat, digunakan untuk pemeriksaan glukosa.                                                                                                                                                   
    • Tabung tutup hitam                                                                            
      • berisi bufer sodium sitrat, digunakan untuk pemeriksaan LED (ESR)
    • Tabung tutup hijau
      • Tabung ini berisi natrium atau lithium heparin, umumnya digunakan untuk pemeriksaan fragilitas osmotik eritrosit, kimia darah.

 

2.   MiSeq   MiSeq  adalah salah satu instrumen yang digunakan oleh peneliti-peneliti untuk menentukan karakterisasi gen DNA mikroorganisme. Kelebihan MiSeq ini adalah memudahkan dalam proses pengerjaan setelah preparasi sampel di laboratorium. Akan tetapi harus diperhatikan, bahwa alat ini sangat sensitif dan dalam satu kali running dapat menghabiskan dana hingga 300 juta. Oleh karea itu, penggunaanya harus dengan sangat berhati-hati.

3.  GeneXpert                    Sistem GeneXpret  adalah sistem real-time PCR otomatis yang mendeteksi DNA kompleks MTB pada sputum dengan hasil mikroskopis BTA positif dan negatif. Secara bersamaan mengidentifikasi mutasi pada gen rpoB yang berhubungan dengan resistensi terhadap rifampicin (1,2)   Sistem GeneXpret  terdiri dari mesin GeneXpret, komputer, barcode scanner dan memakai catridge Xpret MTB/RIF tunggal, sekali pakai yang berisi reagen.

4.  CD4 Tes CD4 adalah tes darah untuk menentukan seberapa baik kondisi sistem imun orang yang telah didiagnosis terinfeksi HIV (human immunodeficiency virus). Tes ini berfungsi untuk mengukur jumlah sel CD4 positif (CD4+).

5.  Flow cytometry

Flow cytometry (FCM) merupakan suatu pemeriksaan laboratorium yang dilakukan untuk mendeteksi, menentukan, dan menghitung sel apapun, secara spesifik .Pada umumnya metode ini digunakan untuk pengamatan suatu jenis subset sel tertentu yang terdapat pada suatu populasi sel, misalnya diagnosis leukemia dengan mengamati sel-sel limfosit yang terdapat pada populasi PBMC (Peripheral Blood Mononuclear Cell).  Metode pemeriksaan ini membantu dokter dalam melakukan klasifikasi jenis sel sehingga rencana pengobatan untuk penyakit pasien dapat ditentukan.

Flow cytometry menggunakan prinsip menyebarkan cahaya, eksitasi cahaya, dan pemancaran molekul fluorokrom untuk menghasilkan data multiparameter yang spesifik dari partikel dan sel yang memiliki rentang ukuran diameter antara 0,5–40 μm. Secara hidrodinamika, sel-sel difokuskan dalam sebuah tabung yang berisi PBS sebelum melewati dan disinari oleh sumber cahaya. Laser merupakan sumber cahaya yang digunakan pada Flow cytometry. Aplikasi Flow Cytometry untuk Stem Cells Terapi

 

Refleksi Materi Pembelajaran

Jika di pertemuan pertama lab tour saya dan teman-teman kelompok MG 2 hanya diterangkan secara singkat, untuk pertemuan kedua lab tour ini penjelasan yang diberikan cukup spesikfik dan lengkap. Apalagi kita hanya berfokus di satu laboratorium, yaitu Laboratorium Imunologi.

Jujur saat dijelaskan dan dikenalkan alat-alat lab nya kembali secara lebih spesifik, saya merasa sedikit kebingungan walaupun sebelum pertemuan berlangsung saya sudah membaca sedikit tentang alat – alatnya. Akan tetapi dengan metode penulisan web blog , saya merasa terbantu untuk dapat memahami penjelasan yang telah diberikan oleh staf-staf laboratorium karena  saat menulis blog ini saya didorong untuk me-review ulang apa yang telah kita dapat dan membaca – baca kembali sesuatu yang kurang kita mengerti di jurnal – jurnal yang ada di internet atau buku.

Dengan adanya Lab Tour kedua ini juga, saya menjadi lebih sadar bahwa menjadi seorang dokter tidak hanya akan berhubungan dengan pasien, tetapi juga harus mengenal dan memahami proses pengerjaan alat – alat di laboratorium. Karena saya yakin jika dokter juga memahami hal ini, maka saat menggunakan hasil tes yang didapatkan dari laboratorium , sang dokter akan lebih paham dan dapat menggunakan hasilnya secara maksimal.

Kumpulan Materi Pembelajaran

Enzyme linked immunosorbent assay – statpearls – NCBI bookshelf. (n.d.). Retrieved September 8, 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK555922/

M;, R. R. K. W. K. K. (n.d.). Miseq: A next generation sequencing platform for genomic analysis. Methods in molecular biology (Clifton, N.J.). Retrieved September 9, 2022, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29423801/

Prakash, A. K., Datta, B., Goyal, P., Chatterjee, P., & Gupta, G. (2016, September 1). Gene-xpert gives early diagnosis in early tuberculosis. European Respiratory Society. Retrieved September 9, 2022, from https://erj.ersjournals.com/content/48/suppl_60/PA2775

Prosedur Operasi Baku analisis data flow cytometry – universitas brawijaya. (n.d.). Retrieved September 8, 2022, from https://biologi.ub.ac.id/fisiologi/wp-content/uploads/sites/9/2019/04/Analisis-Data-Flow-cytometry_id.pdf