Kuliah Umum Transformasi Pendidikan Kedokteran di Unpad : Menjawab Problematik Kesehatan di Indonesia

Noah Jefferson Permana – 130110200167

12 September 2022 menandai awal baru untuk tahun ketiga perjalanan saya di Universitas Padjadjaran. Pada hari ini saya mengikuti kuliah umum secara hybrid untuk pertama kali. Topik kuliah umum perdana ini ialah Transformasi Pendidikan Kedokteran Universitas Padjadjaran yang mencakup beberapa poin penting sebagai berikut.

Perubahan sistem pembelajaran yang pada awalnya pembelajaran terpilah-pilah sesuai disiplin ilmu (anatomi,fisiologi, dan lainnya) berubah menjadi sistem terintegrasi pada tahun 2010 yang dinamakan Problem Based Learning (PBL) dimana pembelajaran berbasis suatu penyakit serta ilmu kedokteran dasar yang terintegrasi.

Sistem awal memiliki kelebihan dalam pemahaman sains dasar sementara sistem PBL memiliki kelebihan dalam pemahaman penyakit. Sistem yang akan dijalankan saat ini akan mengintegrasikan keseluruhan kelebihan sistem sebelumnya di dalam System Based yang mencakup Health System Science dan System Thinking. Sistem ini memiliki sisi menarik dimana bertujuan tidak sekadar mencetak tenaga kesehatan, melainkan membentuk dokter yang dapat menjadi agen perubahan dengan bekal pengetahuan untuk kemudian berpartisipasi aktif dalam menggerakan sistem kesehatan secara lokal yang terintegrasi dalam skala global.

Gambar 1. Transformasi Pendidikan Kedokteran

Gambar 2. Skema Health System Science

Dalam sistem baru ini, Unpad menjalankan 3 program pilar fakultas, yaitu pengembangan dan implementasi kurikulum transformatif, penguatan dan penjaminan mutu internasional, dan penguatan Academic Health System (AHS) berorientasi rekognisi internasional. Hal yang ditekankan ialah terkait AHS yang mana memiliki tujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat, daya saing dan kemandirian bangsa yang setinggi-tingginya melalui akses masyarakat terhadap upaya kesehatan dan pendidikan tinggi kesehatan yang berhasil, berdaya guna, berbasis bukti ilmiah, serta berkeadilan.

AHS dijalankan melalui tiga aspek utama yang meliputi pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian yang ditujukan untuk mencapai kepuasan masyarakat, kepuasan peserta didik, pelayanan kesehatan yang ekselen berbasis riset, dan translational research yang dapat diaplikasikan.

Dipaparkan juga mengenai keadaan dan signifikansi Universitas Padjadjaran di Indonesia dengan visualisasi tertera

Gambar 3. Signifikansi dan peran Universitas Padjadjaran di Indonesia

Inovasi sistem pembelajaran baru ini akan diaplikasikan dengan metode berikut

Menurut saya secara pribadi, inovasi sistem pembelajaran ini berpotensi memberikan ruang kreativitas yang lebih besar untuk mahasiswa kedokteran menggali ilmu sesuai minat masing-masing untuk kemudian menjadi tenaga kesehatan yang memiliki ilmu pengetahuan yang dapat menunjang dobrakan sistem kesehatan Indonesia yang lebih baik lagi. FK MENDUNIA! FK UNPAD UNITE!