“Nostalgik & Rasa Rindu..”

May 11th, 2011

Perasaan yang menggugah suasana lama, menjadikan diri kita merasa Nostalgik. Rasa terkenang masa lalu, tak mungkin terhindar dari diri kita .  Main Hati…Main Rasa…itulah Sang Nostalgik.

Ketika jiwa kita nostalgik…hati dipenuhi sentimentalitas, nostalgia dan rasa rindu akan pertemuan dengan kenangan masa lalu dan teman lama.

Ketika suasana lalu kita …terkenang,tergugah kembali.., sepertinya diri kita menjadi berandai-andai terhadap suasana masa lalu tersebut. Kita merasakan berteman itu indah..masa lalu begitu indah untuk dikenang.

Sebuah pepatah mengatakan Teman Lama ibarat Emas..Teman Baru Ibarat Intan,dimana diibaratkan bahwa untuk menjadikan Intan itu Indah…diperlukan dudukan berupa Emas, yang mungkin bisa dimaknai bahwa tetap teman lama selalu diperlukan keberadaannya…sehingga ketika bersama dengan kehidupan baru..teman baru, teman lama tetaplah indah dan sangat berarti dalam kehidupan kita..dulu, sekarang atau nanti.

Sebuah referensi mengatakan makna dan fungsi bernostalgia adalah bahwa “Bernostalgia adalah stategi untuk memelihara identitas bagi seseorang yang mengalami relokasi” (A.W.Mc.Mahon dan P.J.Rhudick: 64).

Juga disebutkan bahwa bernostalgia adalah pencapaian integritas dan penerimaan masa lalu tanpa penyesalan. (Erik Erikson :1959).

Segala perkembangan masa, yang membawa kita pada perubahan diri kita pun , menjadikan kita terelokasi dengan suasana & kehidupan kita sekarang. Sehingga ketika bernostalgia…rasa rindu terhadap ketenteram,refleksi dan kebijaksanaan menyenangkan menyelimuti hati dan pikiran kita.

Betapa tidak….kita rindu masa-masa dimana kita sebagai  sosok yang tanpa beban kehidupan..menjalankan manisnya berteman, indahnya belajar dan serunya berkumpul…atau mungkin romanticnya percintaan lalu.

Bernostagia..membuat kita me- refresh diri, kesegaran akan tercipta karena hal-hal lalu akan nampak di pelupuk mata..membuat kita terhanyut mengingat dan mengenangnya.

Perasaan kita mungkin terbang ke 20 atau 10 tahun yang lalu,membayangkan kehidupan sekolah atau kampus kita, sahabat-sahabat kita. Tentu..hati kita akan terusik, seakan kehidupan kini membeku sesaat.. dan tergambar kehidupan dulu sesaat. Seperti udara segar di dunia yang penuh persaingan dan berbagai hiruk pikuknya.

Kita akan teringat refleksi diri kita 10 atau 20 tahun yang lalu serta memperhatikan refleksi diri kita sekarang.

Kita akan bersyukur bahwa kehidupan kita sekarang seperti yang dibayangkan dulu. Begitu indah dan begitu bermakna. Segala kerja keras dan keringat kita terbayar sudah.

Semoga dengan bernostalgia dan mengobati rasa rindu, refleksi diri kita masa lalu  sampai dengan sekarang..selalu membawa kenangan dan makna yang indah. Jejak langkah kita di masa depan akan semakin cerah dan selalu disyukuri.

Leave a Reply