Mengenal PHP

Apakah Anda pernah mendengar istilah PHP? Di dunia internet, PHP sudah tidak asing lagi, yaitu bahasa pemrograman yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf yang dipergunakan untuk membuat sebuah halaman web menjadi dinamis dan dapat bekerja sesuai keinginan pemilik situs Web.

PHP: Hypertext Prepocessor, bekerja pada sisi Server, dimana data akan diolah di server, kemudian akan dikirimkan ke client atau pengakses situs.

Pada kategori kategori ini, kita akan mempelajari bersama bagaimana menggunakan PHP mulai dari pengenalan sampai tingkat mahir. Perlu dicatat, saya sendiri bukan seorang programmer, bila Ada permasalahan, bisa kita diskusikan disini, kalau bisa akan saya jawab, tapi kalau tidak mudah-mudahan ada rekan lain yang bisa membantu.

Mengenal Kode PHP

Kode PHP ditulis dengan diawali tanda <?php atau <?, dan diakhiri dengan ?>, tanda tersebut biasa dikenal dengan istilah delimiter, dapat diartikan apapun yang berada di antara tanda maka akan diproses oleh server sebagai kode PHP.

{code type=php}

<?php

echo “Halo, saya sedang belajar PHP”;

?>

{/code}

Bila server mendukung PHP kode diatas akan memunculkan tulisan “Halo, saya sedang belajar PHP”. Bila server tidak mendukung PHP, maka kode tersebut akan tampil seutuhnya.

Software yang Diperlukan Untuk Belajar PHP

Untuk belajar PHP, software yang diperlukan cukup sederhana dan semuanya bisa di unduh tanpa membayar yang Anda perlukan adalah:

  1. Teks Editor: teks editor sederhana yang dapat dipergunakan adalah Notepad, namun bila Anda menginginkan teks editor yang lebih baik, dapat mempergunakan Notepad++
  2. XAMPP Server, komputer Anda dapat dipergunakan sebagai simulasi server. Jadi Anda tidak perlu terhubung internet untuk belajar PHP, cukup menginstallnya di komputer Anda. Proses instalasinya pun cukup Mudah. XAMPP ini terdiri dari paket yang kita butuhkan yaitu: Apache Server, PHP, dan database MySQL.

Nah cukup sederhana Bukan? di tulisan berikutnya saya akan mendemonstrasikan instalasi dan penggunaan XAMPP. Sampai Jumpa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *