Di akhir tahun 2017, saya berkesempatan untuk terlibat dalam pekerjaan kajian kesiapan Industri Kecil Menengah (IKM) dalam pemanfaatan e-Commerce di Kota Bandung. Perkerjaan ini adalah kerjasama Departemen Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Unpad dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung. Metode kajian ini adalah survey dan penyebaran kuesioner pada 2300 pelaku IKM yang tersebar di 30 kecamatan di Kota Bandung. Kesimpulan singkat dari hasil kajian, intinya para IKM kota Bandung sebenarnya sudah memanfaatkan internet untuk kepentingan bisnisnya, meski dalam teknik yang sederhana (media sosial) dan lingkup yang kecil. Sehingga IKM perlu didukung dengan pelatihan teknis, unit pendamping, serta kebijakan yang memihak agar pemanfaaatan e-Commerce oleh IKM dapat lebih optimal lagi. Akhir dari kajian ini adalah berupa acara FGD (Focus Group Discussion) yang menghadirkan narasumber dari tim kami, IDEA (Asosiasi e-Commerce), dan praktisi e-Commerce, dan dihadiri oleh para pelaku dan pemerhati IKM di Kota Bandung.