Seburuk Itukah Kondisi Pandemik di Indonesia?

Seburuk itukah kondisi pandemik di Indonesia?

Pandemik covid-19 akhir-akhir ini menjadi hal yang membuat seluruh dunia kocar-kacir akan keberadaannya. Semua aspek dalam kehidupan ini menjadi berubah seketika karena covid-19 ini. Pola kehidupan masyarakat pun kian berubah. Melihat semua orang menggunakan masker seolah menjadi new normal bagi kita. Physical Distancing sudah menjadi hal yang biasa kita lakukan. Bumi kita saat ini sedang dalam kondisi yang tidak baik.

Negara kita tercinta pun tak lepas dari penyebaran virus ini. Kondisi negara kita akhir-akhir ini mulai memprihatinkan. Setiap harinya terus bertambah jumlah positif covid-19. Terhitung sejak hari ini Jumat, 22 Mei 2020, kasus positif covid-19 di Indonesia tercatat sebanyak 20.162.

Banyak orang berpendapat bahwa Indonesia dalam kondisi buruk saat ini. Mengingat negara-negara tetangga jumlahnya tidak sebanyak Indonesia.

Apakah hal tersebut benar?

Pertama-tama, mari kita analisis terlebih dahulu jumlah penduduk di beberapa negara. Disini saya mengambil sampel 15 negara lain yang ada di seluruh dunia.

Tabel 1

Lalu kita bandingkan dengan jumlah positif covid-19 terhitung sejak hari ini tanggal 22 Mei 2020

 

Tabel 2

Berdasarkan Tabel 2 di atas, Indonesia menempati urutan ke 4 terendah persentase positif covid-19 dengan persentase 0,0075% warga negara Indonesia yang terkena positif covid-19. 12 negara lain memiliki persentase lebih tinggi dari Indonesia. Artinya, persentase positif covid-19 di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Namun jika dibandingkan dengan negara tetangga, Indonesia menempati urutan ke 4 dari 6 negara. Yang terkecil adalah Vietnam dengan persentase 0,0003% dan yang terbesar adalah Malaysia dengan persentase 0,0224%

 

Grafik diolah dari data
Kita coba bandingkan antara jumlah positif covid-19 dengan jumlah kematian karena covid-19
Tabel 3

 

Berdasarkan Tabel 3 di atas, Indonesia menempati urutan ke 6 dari 16 dengan persentase tertinggi jumlah kematian karena covid-19 yaitu sebanyak 6,33%. Artinya 6,33% dari penderita covid-19 di Indonesia meninggal dunia.

Jika kita bandingkan dengan negara tetangga kita. Indonesia urutan nomor 1 dengan persentase tertinggi kematian penderita covid-19. Paling rendah ada di negara Vietnam dan Kamboja karena tidak ada orang yang meninggal karena covid-19. Jika Malaysia 1,61% dan Thailand 1,84%.

Grafik diolah dari data

 

Kita coba bandingkan juga antara jumlah positif covid-19 dengan jumlah sembuh dari covid-19
Tabel 4

Berdasarkan Tabel 4 di atas, Indonesia menempati urutan ke 13 persentase sembuh covid-19 yaitu sebanyak 23,99%. Artinya sebanyak 23,99% penderita covid-19 di Indonesia dinyatakan sembuh. Angka ini tentu sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain, meskipun Philipina lebih rendah sedikit, yaitu 22,33%.

Jika dibandingkan dengan negara tetangga kita, Kamboja merupakan negara dengan persentase sembuh covid-19 tertinggi, yaitu 99,18%, disusul Thailand 95,39%, Malaysia 82,10%, Vietnam 81,48%.

Kesimpulan

Perhitungan diatas merupakan perhitungan kasar berdasarkan data-data yang diperoleh dari Google, tentunya tidak dapat dijadikan acuan yang pasti. Kondisi real nya mungkin jelas akan jauh berbeda. Mungkin akan lebih kredibel datanya jika kita membandingkannya juga dengan pergerakan penambahan jumlah positif covid-19 setiap harinya.

Akan tetapi, dari hasil analisis di atas kita dapat menyimpulkan bahwa memang Indonesia dapat dikatakan Buruk dalam penanganan Covid-19. Meskipun memang persentase jumlah positif covid-19 di Indonesia tidak banyak, tetapi persentase kematian yang tergolong tinggi, ditambah dengan persentase sembuh yang rendah, dapat disimpulkan bahwa memang Indonesia belum siap menghadapi covid-19 ini.

Sekian Terima Kasih

3 thoughts on “Seburuk Itukah Kondisi Pandemik di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published.