Dalam hal penggunaan produk kosmetik untuk kecantikan tentu tidak boleh sembarangan. Kamu harus memperhatikan lebih detail apakah produk tersebut aman dan legal untuk digunakan dalam perawatan kecantikan. Nah salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan cara cek resmi BPOM kosmetik asli atau palsu. Berikut uraian yang Carapedi.id dapatkan untuk Anda :

 

3 Cara Mudah Pengecekan BPOM Kosmetik 

Kosmetik

Cara cek BPOM kosmetik dengan mengecek kode produk pada situs resmi BPOM

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah produk kosmetik tersebut asli atau palsu adalah dengan mengecek kode BPOM produk pada situs resmi miliki BPOM. Yang mana kode BPOM tersebut bisa kamu lihat pada bagian kemasan produk kosmetik yang hendak di beli. Jika sudah menemukan kodenya, selanjutnya kamu cek kode BPOM-nya apakah terdaftar atau tidak di BPOM. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

 

  1. Buka browser pada ponsel atau PC
  2. Kunjungi halaman https://cekbpom.pom.go.id/
  3. Kemudian pilih cari produk berdasarkan nomor resi BPOM atau nomor registrasi produk
  4. Masukkan nomer resi BPOM produk kosmetik yang hendak kamu beli
  5. Kemudian klik “Cari”
  6. Tunggu beberapa saat

 

Apabila produk kecantikan yang hendak kamu beli asli dan terdaftar di BPOM, maka secara otomatis akan muncul detail informasi tentang produk tersebut. Seperti nama brand, alamat, dan yang lainnya. Namun jika produk kosmetik tersebut palsu, maka akan muncul “Data Tidak Ditemukan”.

 

Cara cek resmi bpom kosmetik asli atau palsu dengan nama produk kosmetik

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memastikan keaslian produk kosmetik yang hendak kamu beli adalah dengan mengecek resi BPOM kosmetik menggunakan nama kosmetik itu sendiri di halaman resmi milik BPOM. Langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

 

  1. Buka browser pada ponsel atau Pc kamu
  2. kunjungi halaman https://cekbpom.pom.go.id/
  3. Kemudian pilih cari produk berdasarkan nama produk
  4. Masukka nama produk kosmetik yang hendak dibeli
  5. Kemudian kli “Cari”
  6. Tunggu beberapa saat

 

Setelah menunggu beberapa saat maka akan muncul informasi terkait produk tersebut. Seperti nomor registrasi yang terdaftar, merek, alamat, dan informasi yang lainnya. Kemudian kamu cocokkan nomor BPOM yang tertera pada website dengan produk tersebut. Jika sama maka bisa dipastikan produk tersebut asli. Jika tidak, maka produk kosmetik tersebut palsu.

 

Cara cek resi BPOM kosmetik dengan aplikasi Cek BPOM

Selain cara cek resmi bpom kosmetik asli atau palsu menggunakan halaman website, juga bisa dengan menggunakan aplikasi resmi milik Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia yang bernama “Cek BPOM”. Untuk langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

 

  1. Unduh aplikasi “Cek BPOM” di Playstore secara gratis
  2. Instal aplikasi tersebut pada perangkatmu
  3. Buka aplikasi yang sudah terinstal
  4. Pada jendela awal aplikasi akan tampil beberapa pilihan. Di mana kamu bisa cek keaslian produk kosmetik dengan menggunakan Nomor Registrasi, Nama Produk, atau yang lainnya.
  5. Jika menggunakan Nomor Registrasi, masukkan nomor registrasi produk ke dalam aplikasi
  6. Klik “Cari produk”
  7. Tunggu beberapa saat

 

Sama halnya dengan menggunakan website, jika produk kosmetik tersebut asli, maka akan muncul informasi dari produk. Yang meliput nama, brand, alamat, dan informasi lainnya.

 

Demikianlah 3 cara cek resmi BPOM kosmetik asli atau palsu yang bisa kamu lakukan dengan mudah sebelum membeli produk. Semoga dengan adanya artikel ini mampu membantu kalian semua terhindar dari aksi nakal para penjual produk kosmetik ilegal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.