Wahana Klinik

Klinik Gizi Santi

Selasa, 9 Agustus 2022

Hari ini, kami mengunjungi klinik gizi Santi di Jalan Merdeka, Kota Bandung. Terdapat banyak kegiatan yang disediakan pada sesi ini. Kegiatan tersebut dibagi berdasarkan kelompok. Adapun kegiatan yang dilakukan pada sesi ini adalah:

  1. 24-hr dietary recall (hands on)
  2. Dietary analysis (hands on)
  3. Antropometri – Dimensi (hands on): Lingkar pinggang dan mengukur tinggi badan
  4. Antropometri – Komposisi Tubuh (hands on)
  5. Analisis antropometri (hands on)
  6. Komunikasi terhadap pasien (hands on dan sit in)

Setelah melakukan undian, hasil menunjukkan saya terpilih untuk melakukan dietary recall. Dietary recall saya pelajari melalui video youtube yang disediakan oleh dosen. Sampai di Klinik Santi, saya melakukan dietary recall dengan teman saya karena kebetulan tidak ada pasien lagi pada saat itu. Pengalaman lansung yang saya dapatkan menambah kemampuan saya dalam keterampilan medis terutama dalam bidang komunikasi. Selain itu, kami juga belajar analisis kebutuhan energi total menggunakan kalkulasi Harris dan Benedict.

 

Refleksi

Kunjungan ke Klinik Gizi Santi merupakan pertama kalinya saya datang ke klinik sebagai asisten magang. Pengalaman ini sangatlah berharga. Banyak ilmu yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Tidak hanya ilmu, saya dapat melatih soft skill pada kesempatan ini.