OCEAN: Ayo Cegah Breast Cancer

OCEAN: Ayo Cegah Breast Cancer

Minggu, 4 September 2022

Secara garis besar, webinar ini merupakan sosialisasi kanker payudara yang ditujukan untuk masyarakat umum. Webinar OCEAN mendatangkan ahli dan berpengalaman yaitu Ibu Yanti Setiawan dan Dr. Raden Yohana, dr., Sp.B[K]-O.

Sesi pertama webinar diisi dengan pemaparan materi dengan judul “Waspada Kanker Payudara”. Seperti biasa, webinar diawali dengan epidemiologi dan definisi kanker payudara. Selanjutnya, Dokter Yohana membahas faktor risiko kanker payudara menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yaitu:

  1. Haid pada usia di bawah 12 tahun
  2. Wanita menikah tetapi tidak memiliki anak
  3. Melahirkan anak pertama pada usia 30 tahun
  4. Tidak menyusui
  5. Menggunakan kontrasepsi hormonal atau mendapat terapi hormonal dalam jangka panjang
  6. Menopause pada usia lebih dari 55 tahun
  7. Pernah operasi tumor jinak payudara
  8. Riwayat kanker dalam keluarga
  9. Wanita mengalami stress berat
  10. Konsumsi alkohol
  11. Perokok aktif dan pasif

Poin 1,2,5,dan 6 menjadi risiko kanker payudara akibat paparan estrogen yang lebih lama sehinggan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.

Setelah mengetahui faktor risiko kanker payudara, kita semua dapat mencegahnya dengan menghindari faktor risiko tersebut. Kemenkes sudah mengemas hal tersebut dengan sebutan CERDIK. Selain CERDIK, SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) juga merupakan langkah mendeteksi dini kanker payudara. SADARI dilakukan satu bulan sekali satu minggu setelah menstruasi. SADARI bertujuan untuk mengenal tubuh diri sendiri sehingga seseorang dapat mengetahui jika terdapat perubahan pada payudaranya sendiri. Sebagai penutup, dokter Yohana membahas sedikit mengenai fakta dan mitos, salah satunya mitos bahwa menggunakan bra berkawat dapat menyebabkan kanker payudara. Hal tersebut TIDAK BENAR adanya.

Webinar dilanjut dengan talkshow bersama Ibu Yanti. Ibu Yanti bercerita banyak mengenai pengalamannya menghadapi kanker payudara. Pengalaman dari sudut pandang pasien terkadang sering dilupakan untuk dipelajari. Padahal hal ini penting dipelajari dan tidak ada di textbook.

Sebagai penutup, terdapat sesi tanya jawab. Ada satu hal menarik dari sesi ini adalah salah satu ciri-ciri kanker yaitu tidak memiliki fase. Artinya, ketika ada benjolan kecil makan akan membesar dan tidak akan hilang-timbul sesuai dengan periode waktu.