Overview Breast Cancer

Pada pertemuan pertama yang saya ikuti untuk kegiatan elektif breast cancer dilakukan secara hybrid, yang mana kegiatan ini dilakukan pada gedung C2.3 Fakultas Kedokteran Unpad. Pertemuan inii di isi oleh dokter ghozali, beliau merupakan ketua prodi pendidikan dokter sekaligus salah satu dosen pembimbing kegiatan elektif breast cancer ini.

Ketika sesi ini dimulai kami membahas mengenai sel-sel apa saja yang ada pada tubuh manusia, ada salah satu dari kami menjawab banya sekali sel yang ada ada tubuh manusia dok”, “coba sebutkan salah satunya!” “ sel dalam darah dok”, dan akhirnya diskusi ini dimulai dengan membahas sel yang ada pada darah, ada aapa saja sel didalam darah ? yang mana terdapat sel darah merah dan sel darah putih, sel darah merah sendiri mengandung banyak eritrosit yang mana nantinya berfungsi untuk membawa oksigen untuk menyuplai seluruh tubuh manusia, sedangkan sel darah putih juga disebut leukosit yang mana merupakan sel sistem imun tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari patogen-patogen asing yang bisa menyebabkan infeksi ataupun penyakit, tidak hanya itu saja isi darileukosit ini terdapat, neutrophil, eosinophil, basophil, monosit, dan juga limfosit. Sel darah merah memiliki waktu hidup selama 100-120 hari, dan waktu untuk membentknya selama 15 hari, berbeda dengan sel darah putih yang berbeda setiap sel yang ada didalamnya.

Dari pembahasan yang kami bahas diatas apa hubungannya dengan penyakit kanker panyudara ini ? sama halnya dengan sel yang ada pada darah, sel-sel pada manusia pada dasarnya mengalami regenerasi setiap harinya, yang mana sel baru akan terbentuk untuk menggantikan sel yang rusak dan sudah tidak bisa dipakai lagi. Setiap sel memiliki struktur gen yang berbeda-beda, nah ketika terjadinya pembentukan atau mutasi sel yang abnormal maka akan terbnetuk yang nama kanker. Yang mana kanker ini berisikan sel-sel yang terbentuk dengan gen yang rusak atau penggandaan yang lebih banyak dari biasanya. Dan kanker ini bisa terjadi pada seluruh tubuh manusia, contonya yang terjadi pada panyudara akan disebut dengan kanker pnyudara.

Selain mendiskusikan mengenai overview dari kanker panyudara itu sendiri, dokter  juga membahas mengenai hal-hal apa saja yang akan dilakukan selama elektif ini, pertemuan ini dilakukaan selama 1 jam 30 menit, yang mana dimulai ada waktu 09.30-11.00 WIB.