Sabtu, 20 Agustus 2022 – Praktik 24h Dietary Recall

Aktivitas : Praktik 24h Dietary Recall                                                                    Tanggal : Sabtu, 20 Agustus 2022                                                                          Pukul : 19.00-20.00                                                                                                      Durasi : 1 jam  

Setelah tertunda, hari ini akhirnya praktik 24h dietary recall akan dilaksanakan. Sebelum melakukan praktik, kami sudah mengundi anggota kelompok agar bisa berpasang-pasangan untuk memainkan peran sebagai dokter dan pasien. Pada saat diundi, saya berpasangan dengan Geubrina. Kami sepakat bahwa Geubrina akan memainkan peran sebagai dokter dan saya akan memainkan peran sebagai pasien. Pada saat itu saya dan Geubrina mencoba untuk berlatih dan belajar bersama kembali mengenai praktik 24h dietary recall. Setelah diskusi dimulai, diskusi berjalan dengan lancar dan praktik yang saya serta Geubrina lakukan juga berjalan dengan lancar. 

Pada saat praktik, secara garis besar Geubrina bertanya mengenai asupan nutrisi saya selama 24 jam terakhir. Selanjutnya, dipastikan juga apakah dalam jangka waktu yang lama kebiasaan makan saya tidak jauh berbeda dengan 24 jam terakhir. Setelah itu, Geubrina menganalisis asupan nutrisi saya dan mengubahnya menjadi bentuk kalori menggunakan bantuan dari daftar bahan makanan penukar.

Setelah mendapatkan jumlah kalori yang saya konsumsi selama 24 jam terakhir, Geubrina membandingkan kebutuhan kalori dan jumlah kalori yang saya konsumsi selama 24 jam terakhir. Dari hasil tersebut akan dilihat, apakah kalori yang saya konsumsi selama 24 jam terakhir mencukupi kebutuhan kalori saya per harinya. Setelah itu, dihitung juga BMI saya.

Pada prosesnya, saya banyak mendapatkan pandangan baru. Selain itu, saya juga selalu kagum dengan pertanyaan yang dilontarkan Bu Nayla. Akibat pertanyaan tersebut, saya merasa perlu meningkatkan rasa penasaran saya, meningkatkan critical thinking saya, dan belajar lebih banyak lagi. 

Tautan =