Sabtu, 27 Agustus 2022 – Presentasi Basic Science Breast Cancer Part 1

Aktivitas : Presentasi Basic Science Breast Cancer Part 1                                          Tanggal : Sabtu, 27 Agustus 2022                                                                            Pukul : 19.00-20.30                                                                                                  Durasi : 1 jam 30 menit

Pertemuan ini diagendakan untuk membahas mengenai basic science dari kanker payudara. Kami ditugaskan untuk membahas beberapa topik, yaitu hallmarks of cancer, biology of breast cancer, breast cancer therapy, dan breast cancer detection

Memang, sejak awal, pertemuan untuk membahas basic science dari kanker payudara ini dijadwalkan untuk diadakan sebanyak dua kali. Maka dari itu, hari ini pembahasan pada hari ini tidak dilakukan secara menyeluruh sampai tuntas.

Hari ini pembahasan berkaitan dengan hallmarks of cancer dan biology of breast cancer. Hallmarks of cancer dijelaskan oleh Enje dan Zahra. Biology of breast cancer dijelaskan oleh Kemal dan Olive. Pada hallmarks of cancer, Enje menjelaskan beberapa topik dari hallmarks of cancer berhubung hari ini zahra berhalangan. Yang dibahas Enje, antara lain : 

  • Sustained angiogenesis
  • Invasion and metastasis
  • Evasion of immune surveillance
  • Genomic instability (faktor pemicu)
  • Tumor-promoting inflammation (faktor pemicu)

Selanjutnya, diskusi dilanjutkan dengan pembahasan mengenai biology of breast cancer. Pada topik ini, dijelaskan mengenai anatomi payudara, perbandingan antara payudara normal dengan payudara yang terkena kanker, tipe kanker payudara, dan patofisiologi kanker payudara. Namun, karena waktu terbatas, pemabahasan berakhir pada tipe kanker payudara berhubung kami sudah mulai kehilangan fokus dan masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam hal pengklasifikasian kanker payudara.