Cara Aku Membuat Digibizz Masuk Page 1 Google Rank 3

Halo gaes, ini adalah blog post pertama aku di akun Blog Unpad. Bagi yang belom kenal denganku silakan lihat halaman tentang saya.

Kesibukanku saat ini terlepas dari mengurus blog pribadi adalah sebagai developer dari situs Digibizz.com. Apa itu Digibizz? Situs yang menyediakan jasa seperti Desain Grafis, Video Editing, Social Media Manager, hingga Digital Marketing.

Website tersebut merupakan salah satu program kerja dari Deparment of Enterpreneurship HIMAGI UNPAD 2020. Aku sebagai salah satu staff-nya diberi amanah untuk create dan manage web itu oleh manager divisi.

mengoptimasi web dengan long tail keyword

Aku mau pure sharing di sini caraku mengoptimasi website Digibizz sampai bisa masuk ke page 1 Google dan saat ini menempati rank 3 untuk keyword “Jasa desain grafis Jatinangor”.

Aku nggak bisa optimasi ini Blog Unpad karena keterbatasan akses sebagai multisite disubdomain blog.unpad.ac.id jadi nggak bisa instal plugin deh huhu.

1. Melakukan riset keyword di Keyword Sheeter

Kenapa aku riset keyword di KS nggak di Ubersuggest apa Semrush gitu yang lebih powerfull dengan banyak metriks pendukung? Jawabannya adalah karena aku ‘blank’ gitu mau pakai keyword apa saja buat bikin artikel tentang jasa desain.

Dari Keyword Sheeter lah aku ngumpulin sekitar 1 keyword utama dan 65 keyword turunan. Meskipun yang terpakai hanya beberapa sih setelah di-filter.

2. Mengelompokkan keyword berdasarkan Topical Relevance

Salah satu wejangan suhu blogger di grup blogger Facebook bilang kalau hasil extract kata kunci dari KS tuh masih sangat mentah bahkan banyak yang duplikat.

Oleh karena itu aku sortir dulu dengan mengelompokkan keyword berdasarkan satu jenis topik yang sama dan menghapus keyword yang duplikat.

3. Mencari search volume di GKP

Aku pakai Google Keyword Planner buat cari tau seberapa banyak volume pencarian di Google. Sebenarnya ini untuk kebutuhan pengiklan sih, tapi nggak masalah.

Alternatif GKP bisa pakai Ubersuggest yang kini fitur gratisnya buat beberapa project aja per harinya.

4. Membuat artikel dengan keyword yang telah disortir

Setelah melakukan sortir dan mencari volume keyword langkah selanjutnya yang aku lakuin adalah bikin artikelnya langsung. Kenapa kok nggak cari tau dulu competitive-nya di SERP?

Aku lihat langsung di hasil pencarian banyak artikel yang nggak relevan meski DA PA web kompetitor tinggi. Jadi, gue beranggapan awal ini mudah untuk dirangking.

Proses pembuatan artikel di website Digibizz aku pakai bantuin plugin YoastSEO agar aku nggak ‘keluar jalur’ dari keyword utama dan memudahkan parameter apa saja yang telah gue tambahin buat artikel yang sedang ditulis.

5. Menambahkan gambar pendukung

Aku mikir kalau artikel tentang desain grafis pasti harus ada gambar toh secara dari kata aja ada ‘grafis’. Aku tambahin gambar pendukung lengkap dengan memasang alt tag.

Maksudnya gimana? Misal aku sedang bahas jasa desain kaos Bandung terus gue nambahin contoh desain kaos yang keren, jangan lupa isi alt tag dengan deskripsi gambar + selipin keyword utama/turunan.

6. Setelah artikel jadi submit ke GSC

Perlu banget sebuah web atau blog didaftarkan di Google Search Console. Fungsinya banyak sih platform itu selain bisa untuk tracking keyword apa saja yang telah masuk di web, kita juga bisa melakukan submit artikel dan sitemap.

Pastikan GSC mu telah terhubung dengan Google Analytics ya agar bisa memantau real time traffic.


Meskipun website Digibizz masih baru dengan parameter yang masih rendah untuk bersaing di SERP, nyatanya dapat bersaing kok bahkan bisa muncul di page 1. Fokus utamanya adalah di konten.

Kalau kompetitor kalian bikin artikel cuman membahas A saja misalnya, kalian bikin konten yang membahas A sampai Z ditambah fitur pendukung seperti gambar, infografis, bahkan video.

Walaupun belum dibacklink sama sekali, situs baru pun bisa bersaing asalkan ‘main’ di long tail keyword ya gaes hehe.

Update 24 Agustus 2020

Karena website Digibizz telah aku suntik beberapa backlink dari situs dengan Domain Rating tinggi itulah yang membuat DA PA situs ini sudah tidak 0 lagi.

Alhasil untuk short keyword seperti “jasa desain jatinangor” pun Digibizz berhasil masuk page 1 bahkan waktu aku cek di mode incognito Mozilla Firefox sempat menduduki peringkat 3.

Untuk selanjutnya aku akan lebih berani mengoptimasi Digibizz dengan masuk ke persaingan kata kunci yang lebih sulit misal “jasa desain di bandung” meskipun kenyataannya sulit sebab page 1 sudah banyak situs otoritas yang menguasainya.

Namun, itu bukanlah menjadi penghalang semangatku untuk mengoptimasi situs ini dan malah itu membuatku tambah semangat menekuni bidang Search Engine Optimization.

Indexing :

  • https://bibliocrunch.com/my-profile
  • https://www.blogger.com/profile/17746550355362561598
  • https://leetcode.com/kotakode
  • https://ko-fi.com/kotakode
Cara Aku Membuat Digibizz Masuk Page 1 Google Rank 3
Scroll to top