5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik 2021

Mengapa sih Anda membutuhkan aplikasi pengatur keuangan di smartphone Anda? Salah satu alasan kuatnya adalah agar Anda dapat melihat bagaimana siklus pendapatan dan pengeluaran dalam kurun waktu tertentu.

Lalu, fitur-fitur di dalam beberapa aplikasi dalam artikel ini itu sangat membantu untuk mengatur anggaran, menabung, mengecek tagihan tentu dengan rasa aman dan gratis.

Berikut ini saya rekomendasikan beberapa aplikasi pengatur keuangan pribadi terbaik untuk tahun 2021 yang mengutip dari blog andhikayp.com. Untuk urutannya berdasarkan rating di Play Store dari tertinggi ke terendah.

1. Money Manager – Expense Tracker & Budget Planner

aplikasi pengatur keuangan android

Yang pertama ini benar-benar aplikasi pengatur pengeluaran dan pendapatan terbaik. Dari segi rating saja di Play Store, aplikasi ini mendapatkan skor 4,8/5 dari 17 ribuan ulasan.

Dengan ukuran yang hanya 6,1MB pantas saja ini aplikasi sudah terinstal lebih dari 500 ribu. Apa saja sih fitur-fiturnya kok sampai dibilang yang terbaik dan banyak yang suka?

Fitur aplikasi Money Manager – Expense Tracker & Budget Planner

Aplikasi yang dikembangkan Free Apps Group ini mempunya fitur bernama budget planner untuk mengatur anggaran Anda tiap bulannya buat apa saja. Lalu, ada juga balance calculator untuk menghitung saldo Anda secara otomatis.

Selanjutnya ada money statistics chart untuk membuat laporan keuangan dan juga melihat tren pengeluaran, pendapatan, dan anggaran dengan menentukan sendiri rentang waktunya kapan sampai kapan.

Dalam aplikasi ini laporan keuangan Anda dapat diekspor ke file Excel dan untuk jaga-jaga agar data tetap tersimpan secara online, maka Anda dapat mencadangkan file ke Google Drive.

Lalu, ada juga fitur switch color yang sangat berguna untuk menyesuaikan warna tampilan pada siang dan malam hari agar tetap menjaga mata Anda agar tidak perih saat menatap aplikasi.

2. AndroMoney

Aplikasi yang kedua ini telah terinstal lebih banyak daripada aplikasi yang pertama, yakni sebesar 1 juta kali. Namun, untuk ukuran aplikasinya jauh lebih besar sebesar 26 MB dan ratingnya di bawah app yang pertama, yaitu 4,7/5.

Aplikasi keuangan khusus Android ini pernah menyabet gelar sebagai Best Personal Finance App sebelum akhirnya tergeser oleh aplikasi yang pertama tadi.

Fitur unggulan dalam aplikasi AndroMoney

  • Bisa multi account dalam satu perangkat
  • Dapat transfer akun ke perangkat lain
  • Cloud storage
  • Perhitungan kalkulator
  • Anggaran sederhana
  • Password untuk aplikasi

3. Money Manager Expense & Budget

Aplikasi yang ketiga ini namanya mirip-mirip dengan yang pertama. Karena para developer aplikasi ini menargetkan keyword money manager, expense budget, budget planner dalam bahasa Inggris, akhirnya mereka memasukkan kata kunci tersebut sebagai nama aplikasinya. Itu adalah salah satu optimasi untuk Play Store.

Apa saja keunggulan aplikasi yang ketiga ini?

Keunggulan fitur app Money Manager Expense & Budget

Aplikasi ini menggunakan sistem akuntansi pembukuan double entry jadi lebih kredibel dalam pencatatannya. Fungsionalitas kartu kredit/debit ditingkatkan, kata sandi untuk aplikasi, laporan statistik, dan bookmark untuk pengeluaran rutin adalah beberapa fitur unggulannya.

4. Household account book

Aplikasi pengatur keuangan terbaik keempat ini sebenarnya lebih cocok untuk digunakan oleh ibu rumah tangga dalam mengatur keuangan keluarga mereka. Namun, fitur sederhana juga cocok untuk digunakan oleh Anda yang masih jomlo.

Fitur unggulan Household account book

  • Fitur pencatat keuangan standar
  • Grafik pie yang lucu
  • Comic book sebagai fitur bonus. Semakin sering Anda menggunakan aplikasi ini, maka semakin banyak juga cerita komik yang dapat Anda baca
  • Wallpaper yang dapat diunduh

5. 1 Money

Yang terakhir adalah aplikasi 1 Money yang telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan rating 4,7/5 dari 82 ribu pengulas di Play Store. Dengan ukuran yang hanya 13MB dengan banyak fitur, tidak kaget rasanya aplikasi ini mendapat respon positif yang begitu banyak.

Fitur utama 1 Money

Ada beberapa fitur dalam bahasa Inggris, saya buatkan daftarnya saja ya.

  1. Add Transaction instanly
  2. Expenses At a Glance
  3. Budget planner
  4. Track Debts and Savings
  5. Use Multiple Currencies
  6. Synchronization

Terima kasih telah membaca artikel rekomendasi ini sampai akhir yaa.

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik 2021

One thought on “5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top