Zakra Pharmacy

Jual Cytotec Asli 0823-2363-9996 Obat Penggugur Kandungan Aman Untuk Aborsi Sendiri

TRANSFORMASI PENDIDIKAN KEDOKTERAN

Pematerian yang diberikan oleh Prof. Dr. Yudi Mulyana Hidayat. dr. SpOG. SubspOnk. DMAS, membahas hal mengenai evolusi pendidikan dokter khususnya di Indonesia, yang berawal dari hanya science based yang berdasarkan pada kemampuan hardskill dokter, lalu problem based dan interprofesi yang memiliki dasar pada masalah yang ada di lingkungan dan kerjasama serta kolaborasi, dan yang terakhir system based yang berdasar pada sains dari sistem kesehatan dan berpikir secara sistem.

Prof. Yudi juga menjelaskan beberapa hal mengenai tantangan umum yang akan dihadapi oleh dokter pada zaman ini, seperti halnya SDGs dan problematika bidang kesehatan yang sedang dihadapi secara global maupun nasional. Maka dari itu diperlukan critical thinking dan critical reasoning dalam mencari solusi inovatif untuk problematika yang ada. Selain itu juga mampu berkolaborasi dengan berbagai macam pihak dalam membuat solusi inovatif agar masalah yang dihadapi bisa diselesaikan dari berbagai macam scope.

Implementasi kurikulum transformatif melalui Academic Health System (AHS) yang diadakan di FK Unpad, akan menerapkan konsep integrasi sistem pendidikan, yang artinya akan terjadi kolaborasi yang sangat luas dengan berbagai pihak dalam penyelenggaraan sistem pendidikan dan kesehatan. Hal tersebut ditandai dengan adanya pendidikan interprofesi, tenaga kesehatan, dan kolaborasi pelayanan agar sistem kesehatan selalu terintegrasi dengan sistem pendidikan dalam upaya memperbaiki derajat kesehatan masyarakat.

AHS yang diterapkan di FK Unpad memiliki tujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat, daya saing, dan kemandirian bangsa yang setinggi-tingginya melalui akses masyarakat terhadap upaya kesehatan  dan pendidikan tinggi kesehatan yang berhasil dan berdaya guna, bermutu, berbasis bukti ilmiah, dan berkeadilan. AHS sendiri memililki tujuan tidak hanya pada peserta didik namun juga pada masyarakat, pada peserta didik diharapkan dapat membuat kepuasaan dalam penyelenggaraan sistem pendidikan, dan untuk masyarakat terciptanya pelayanan kesehatan yang berbasis riset.

 

TRANSFORMASI PENDIDIKAN KEDOKTERAN
Kembali ke Atas