Aktivitas : PKM: Edukasi dan Penyuluhan siswi SMA Al-Jawami

Waktu : Sealasa, 30 Agustus 2022 

Lokasi : SMA Al-Jawami

Wahana terakhir yang dilakukan secara offline adalah PKM: Edukasi dan Penyuluhan siswi SMA Al-Jawami. Sebelum dilaksanakannya penyuluhan, pada hari Senin, 29 Agustus 2022 kami anggota kelompok TW2201a dan TW2202a bersama Dokter Siska Wiramihardja, dr., SpGK., M.Kes., dan Ibu Nayla Majeda Alfarafisa, Ph.D., berdiskusi untuk mempersiapkan rancangan kegiatan dan memudahkan serta melancaran keberlangsungan acara.Pada Senin, 29 Agustus 2022 kami bekerja sama dengan kelompok dengan menyiapkan beberapa hal dan keperluan seperti:

  • Observasi lokasi dan ruangan
  • Fiksasi ROP
  • Pembagian panitia dan job desk masing-masing
  • Logistik acara seperti kabel, proyektor, kabel, dan materi edukasi.
  • Konsumsi dan dana konsumsi
  • Dokumentasi
  • Games
  • Rangkaian acara fasil

Pada kegiatan Edukasi dan Penyuluhan ini saya memiliki beberapa peran seperti menyusun ROP Acara, memaparkan materi edukasi, dan sebagai kakak fasilitator saat sesi fasil untuk berdiskusi dengan adik-adik siswi SMA Al-Jawami. Saya menyusun ROP acara bersama dengan Teh Hasna dan Teh Nisya. Saat menyusun dan fiksasi ROP acara terdapat beberapa kali perubahan dan saya menyusun kegiatan semaksimal dan seefisien mungkin agar acara dapat berlangsung dengan lancar dan setiap anggota dapat memahami tanggung jawab dan jobdesk-nya masing-masing.

Pada hari Selasa, 30 Agustus 2022 kami semua berkumpul di SMA Al-Jawami pada pukul 06.30 untuk melakukan persiapan tempat dan briefing panitia terlebih dahulu. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 dengan pembukaan, pembacaan doa, dan sambutan. Sambutan pertama oleh Kepala Sekolah SMA Al-Jawami, dilanjutkan oleh Dosen Pembimbing Ibu Nayla Majeda Alfarafisa, Ph.D., dan ketua kelompok kami Teh Emirdha. 

Setelah pembukaan selesai, selanjutnya ada pengisian pretest oleh para siswi. Tujuan dengan adanya pengisian pretest dan posttest adalah untuk mengetahui perbedaan hasil edukasi sebagai indikator keberhasilan dari kegiatan PKM: Edukasi dan Penyuluhan siswi SMA Al-Jawami. Pretest merupakan tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan awal siswa sebelum mengikuti kegiatan penyuluhan.

Setelah dilakukan pretest, selanjutnya adalah pemaparan materi. Materi edukasi yang diberikan kepada para siswa yaitu mencakup pengertian kanker payudara, epidemiologi sebagai pemaparan urgensi, faktor risiko, tanda dan gejala, metode pengobatan, SADARI, dan cara pencegahan kanker payudara. Setelah pemaparan materi terdapat pembagian kelompok kecil untuk sesi fasil. 

Pembagian kelompok kecil dan sesi fasil ini adalah sebagai fasilitas untuk adik-adik siswi untuk berdiskusi dan bertanya secara langsung dengan kami untuk edukasi. Pada sesi fasil saya bersama dengan Fatiya Adila TW2201a sebagai kakak fasilitator fasil 06. Pada sesi fasil dimulai dengan memperkenalkan diri kami terlebih dahulu dan mempersilahkan siswi anggota fasil kami untuk memperkenalkan diri masing-masing. 

Setelah sesi perkenalan, kami mereview kembali materi yang telah disampaikan pada sesi pemaparan materi. Fatiya kembali menjelaskan secara lebih sederhana pengertian dan epidemiologi dari kanker payudara, ini bertujuan untuk memberikan urgensi bahwa edukasi dan pemahaman tentang  kanker payudara itu penting kepada anggota fasil kami. Kemudian, saya melanjutkan menjelaskan dan bertanya untuk memastikan anggota fasil kami sudah paham mengenai tanda dan gejala serta pencegahan kanker payudara, lalu seluruh anggota kami dapat menjawab dengan benar yang berarti edukasi yang kami berikan bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru kepada siswi SMA Al-Jawami.

Setelah kami melakukan sesi tanya-jawab dan memastikan semua anggota sudah paham mengenai pokok-pokok pembahasan kanker payudara, selanjutnya kami membebaskan untuk anggota kelompok untuk bertanya seputar kanker payudara dan sistem reproduksi. Anggota fasil bertanya sangat aktif dan mengajukan banyak pertanyaan menarik sehingga diskusi di kelompok kami berjalan dengan sangat aktif dan baik saat berdiskusi.

Saat berdiskusi terdapat salah satu anggota fasil kami yang berbagi bercerita bahwa salah satu dari anggota keluarganya ada  yang telah menjalani operasi pengangkatan payudara, mastektomi, setelah mendapatkan diagnosis kanker payudara. Beberapa anggota fasil lanjut bertanya mengenai “apakah asa sakit dan keram pada payudara dapat menandakan kanker payudara?” Lalu kami menjelaskan bahwa growing pains pada wanita yang termasuk rasa sakit dan keram pada bagian payudara dapat terjadi  selama masa pertumbuhan.

Setelah sesi fasil selesai, terdapat sesi posttest. Post-test merupakan tes yang dilakukan setelah siswa mengikuti penyuluhan dengan tujuan kami jadikan sebagai indikator keberhasilan dan mengukur peningkatan pemahaman materi setelah diadakannya edukasi dan penyuluhan ini.

Setelah sesi posttest, rangkaian acara terakhir adalah dokumentasi dan penutupan. Kegiatan PKM: Edukasi dan Penyuluhan siswi SMA Al-Jawami sangatlah berkesan untuk saya secara pribadi. Saya mendapatkan pembelajaran baru yang tidak saya dapatkan jika hanya belajar di dalam kelas saja. Saya mendapatkan pengalaman dari sisi merancang acara, pemaparan materi, hingga sebagai fasilitator membuat saya mendapatkan banyak pengalaman baru dan mengetahui kondisi realita ketika terjun langsung ke lapangan. 

Selain secara individu saya mendapatkan pengalaman baik, dari segi kelompok juga terdapat banyak hal berkesan. Kerjasama kelompok antara TW2201a dan TW2202a sangatlah baik, kooperatif, dan saling mengisi kekosongan dan bekerjasama untuk keberlangsungan dan kelancaran acara. Komunikasi antar dua kelompok berjalan dengan sangat lancar. Semua penilaian 6C yaitu yang mencakup creativity, character, critical thinking, collaboration, communication, citizenship semua terimplementasi secara langsung di masyarakat dan terimplementasi dengan baik.

Selain itu, bimbingan dari Dokter Siska Wiramihardja, dr., SpGK., M.Kes. dan Ibu Nayla Majeda Alfarafisa, Ph.D,. sangat membantu kelancaran acara dan menjadikan acara ini acara yang bermanfaat Oleh karena itu, sangat sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kelancaran acara ini dan juga kelancaran semua wahana yang ada pada Elective Health Alliance Sciences Program (EHASP) Topic Breast Cancer tahun 2022.