Jumat, 12 Agustus 2022 – Perkenalan Laboratorium Imunologi

Aktivitas : Perkenalan Alat Laboratorium                                                          Tanggal : Jumat, 12 Agustus 2022                                                                          Pukul : 13.00-14.30                                                                                                    Durasi : 1 jam 30 menit

Hari ini, akan menjadi hari pertama elective yang dilaksanakan secara offline bagi saya. Saya sangat bersemangat karena hari ini pertemuan akan dilaksanakan di gedung RSP Unpad. Bagi mahasiswa seperti saya, saya menganggap RSP Unpad menjadi tempat yang memberikan kesan baik bagi saya. Jadi saya sangat bersemangat untuk pertemuan hari ini. Selain itu, saya juga bersemangat karena mengingat saya akan bertemu dengan teman-teman kelompok dan Bu Nayla. Walaupun, sayangnya, ternyata Bu Nayla berhalangan untuk hadir pada saat itu.

Oleh karena pertemuan hari ini akan dilaksanakan di gedung RSP Unpad, saya dan teman-teman yang berada di Jatinangor berencana untuk berangkat menuju gedung RSP Unpad bersama. Kami berkumpul di Indomaret yang berada di depan Koramil Jatinangor. Setelah semua datang, kami berangkat menggunakan Indrive.

Sesampainya di gedung RSP Unpad, ternyata kami masih mempunyai beberapa waktu sebelum pertemuan dimulai. Oleh karena itu, kami makan siang bersama terlebih dahulu sambil menunggu waktu pertemuan dimulai.

Setelah makan dan teman-teman sudah berkumpul semua, kami dipersilahkan untuk masuk ke dalam ruangan lab imunologi. Segera setelah masuk, kami dibagi menjadi dua kelompok dengan anggota masing-masing kelompok berisi empat orang. Saya menjadi satu kelompok dengan Geubrina, Fatiya, dan Zahra. Pada saat itu kami dijelaskan mengenai beberapa alat, yaitu =

ELISA

Pada sesi penjelasan alat ini, dijelaskan mengenai 

  • Pengambilan sampel                                                                                                                   Sampel ELISA berupa darah. Setelah mendapatkan sampel darah, darah akan dimasukkan ke dalam tabung. Tabung untuk sampel darah memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Tabung ungu berisi EDTA untuk mencegah pembekuan darah dan digunakan apabila sampel yang diperlukan berupa whole blood. Tabung merah digunakan apabila ingin memisahkan serum darah dan membekukan sel darah. Tabung kuning digunakan apabila ingin memisahkan serum dan sel darah. Tabung hijau merupakan tabung yang berisi heparin untuk mencegah pembekuan darah. Tabung ini berfungsi untuk memisahkan plasma dan sel darah dan untuk memeriksa faktor pembekuan PT dan APTT.
  • Pelabelan sampel                                                                                            Sampel harus diberikan label, minimal tiga jenis, yaitu id sampel, nama pasien, dan tanggal lahir agar tidak tertukar. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicatat, seperti jam pengambilan sampel, jam pengiriman sampel menuju lab, suhu pengiriman, dan jam penerimaan sampel.
  • Fungsi ELISA dan ELISA kit                                                                                                              Dijelaskan bahwa ELISA terdiri atas 4 jenis, yaitu direct, indirect, sandwich, dan competitive. ELISA kit terdiri atas buku panduan, microplate, sample diluent, controls, standards, conjugate, substrate, stop solution, dan wash buffer. Dijelaskan juga bahwa ELISA berfungsi untuk mengukur antibodi, antigen, hormon, protein, ataupun peptida

Genexpert

Genexpert memiliki fungsi sebagai alat diagnosis untuk pasien HIV. Nantinya, akan dihitung jumlah virus dalam tubuh pasien. Alat ini biasanya digunakan secara berdampingan dengan alat pendeteksi CD4.

Alat pendeteksi CD4

Dijelaskan bahwa alat ini merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi jumlah atau kadar CD4 pada sampel darah. Dengan alat ini, dapat diketahui dan juga dapat sebagai metode diagnosis apakah seseorang dapat dikategorikan sebagai pasien HIV/AIDS. Selain itu, dengan alat ini, juga dapat dilihat apakah terapi HIV/AIDS berhasil menghambat progresivitas dari penyakit tersebut dan obat ARV apa yang cocok untuk pasien gunakan.

Flow Cytometry (FACS)

Flow cytometry merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mendiagnosis sel pada sampel berdasarkan komponen, bentuk, ukuran, dan fungsi sel tersebut. Pada lab imunologi RSP Unpad, terdapat FACS yang dalam persiapan sampelnya, sampel dapat diberikan pewarnaan menggunakan fluorescence. Dengan adanya pewarnaan ini, setiap jenis sel dapat memancarkan warna yang berbeda ketika dideteksi oleh detektor alat sehingga interpretasi hasil akan lebih mudah untuk dianalisis. 

Setelah penjelasan keempat alat tersebut berakhir, kami mengucapkan terima kasih dan melakukan sesi dokumentasi. Setelah itu, kami semua kembali pada aktivitas masing-masing.