Sabtu, 13 Agustus 2022 – Hybrid Seminar Pakar : “Riset Ilmu Kedokteran Dasar Menjawab dan Menyelesaikan Masalah Kanker Payudara Metastasis”

Aktivitas : Seminar Pakar                                                                                      Tanggal : Sabtu, 13 Agustus 2022                                                                            Pukul : 6.30–9.30                                                                                                                Durasi : 3 jam 

Tepat pada pukul 19.58 WIB hari Jumat malam, Bu Nayla memberikan kabar bahwa pada hari Sabtu besok, akan diadakan seminar pakar yang diadakan secara hybrid. Pada saat itu, posisi saya sedang bersama Geubrina dalam perjalanan menuju Jatinangor dari Bandung. Kami baru sampai Jatinangor pada pukul 21.00 WIB. Setelah sampai, saya langsung pulang ke kos untuk istirahat.

Keesokan paginya, saya berangkat menuju kos teman saya yang merupakan anak kelompok Dokter Ghozali untuk berangkat bersama-sama. Setelah itu, kami langsung bergegas ke Gedung FK Unpad untuk bertemu dengan Dokter Ghozali dan teman-teman yang lain.

Pada saat jogging mengelilingi Unpad, Dokter Ghozali banyak melontarkan pertanyaan kepada kami. Awalnya, saya merasa belum terbiasa. Namun, semakin lama saya semakin terbiasa dan menjadi merefleksikan diri sendiri bahwa masih banyak yang belum saya ketahui dan perlu saya pelajari.

Setelah itu, kami menuju Gedung C3 FK Unpad untuk melakukan seminar pakar. Pada pembahasan kali ini, Dokter Ghozali memaparkan materi berupa perkenalan mengenai breast cancer. Dijelaskan bahwa sampai sekarang, masih banyak pasien dengan breast cancer yang baru didiagnosis pada stadium lanjut. Lalu, dengan treatment berupa mastectomy pun, ternyata masih banyak pasien dengan breast cancer yang belum pulih sepenuhnya. Hal ini menandakan bahwa pasien dengan breast cancer harus melalui banyak jalur treatment untuk mencapai kesembuhan. Selain itu, Dokter Ghozali juga menjelaskan mengenai hallmarks of cancer. hallmarks of cancer terdiri dari 8 ciri-ciri kanker dan 2 faktor pemicu perkembangan kanker. Walaupun tidak dijelaskan semuanya secara terperinci, tetapi berikut adalah rincian dari hallmarks of cancer :

  1. Self-sufficiency in growth signals
  2. Insensitivity to growth-inhibitory signals
  3. Evasion of apoptosis
  4. Limitless replicative potential (immortality)
  5. Altered cellular metabolism
  6. Sustained angiogenesis
  7. Invasion and metastasis
  8. Evasion of immune surveillance
  9. Genomic instability (faktor pemicu)
  10. Tumor-promoting inflammation (faktor pemicu)

Pertemuan ini menjadi pertemuan yang membuka wawasan saya mengenai kanker payudara. Selain itu, bagaimana Dokter Ghozali menjelaskan juga sangat memberikan saya kesan baik berhubung penjelasannya yang sangat jelas. Walaupun, selama penjelasan ada banyak pertanyaan yang dilontarkan dan saya belum bisa menjawab itu. Hal tersebut menjadi bahan refleksi bagi diri saya untuk terus belajar banyak.

Setelah pertemuan berakhir, kami meninggalkan tempat. Setelah itu, saya bersama dengan beberapa anak lainnya makan bersama. Saat itu, saya merasa sangat senang karena dapat bertemu dan berkenalan dengan banyak orang baru. Namun, setelah makan bersama selesai, saya mendapat kabar bahwa tiga orang yang makan bersama saya terkena Covid-19 begitupun dengan salah satu anggota kelompok saya, yaitu Kemal yang juga terkena Covid-19. 

Tautan :