Senin, 29 Agustus 2022 – Persiapan Pelaksanaan PKM

Aktivitas : Persiapan Pelaksanaan PKM                                                                Tanggal : Senin, 29 Agustus 2022                                                                            Pukul : 15.30-19.00                                                                                                    Durasi : 3 jam 30 menit

Hari ini ada beberapa agenda yang dilakukan, yaitu seminar pakar dan juga briefing pelaksanaan PKM yang akan dilaksanakan esok hari. Namun, pelaksanaan briefing dilakukan secara mendadak. Pada saat itu, saya sedang dalam perjalanan, sehingga sulit untuk mendapatkan sinyal dan suasananya juga kurang kondusif. Tanpa tahu akan ada briefing, saya izin kepada Bu Nayla untuk tidak mengikuti seminar pakar yang dilaksanakan hari ini.

Setelah saya sudah hampir sampai Jatinangor, saya sudah mendapatkan sinyal yang memadai sehingga notifikasi pesan bisa masuk dan bisa saya lihat. Namun, ternyata, banyak hal tidak terduga. Banyak notifikasi masuk yang menginformasikan bahwa banyak hal yang perlu diubah dalam pelaksanaan PKM. Hal tersebut seperti perubahan metode edukasi, konsumsi yang harus kami siapkan, dan lain hal yang ternyata belum siap sepenuhnya. Oleh karena itu, saya membagi tugas dengan teman-teman yang lain, termasuk Emir. Selain itu, saya juga mengajak beberapa anggota kelompok untuk berkumpul di kos saya untuk menyelesaikan persiapan PKM.

Segera setelah saya sampai kos, saya langsung bergegas untuk bersiap-siap. Tidak lama setelah itu, beberapa anggota kelompok datang ke kos saya. Anggota tersebut antara lain Geubrina, Hasna, dan Ayu. Sebelum itu, saya sudah membagi tugas secara besar bersama Emir. Emir akan membeli konsumsi dan menyiapkan pre-test dan post-test dibantu oleh anggota lainnya. Intan, Fay, dan Destha melakukan survei ke sekolah. Ayu akan membuat slide acara. Sedangkan saya bersama teman-teman yang berkumpul di kos akan membuat ROP yang lebih detail, list pembagian fasil, dan daftar siswa yang hadir. Setelah selesai melakukan semuanya dan mempersiapkan semuanya secara tuntas, kami makan bersama terlebih dahulu. Lalu setelah itu, kami semua kembali ke kos masing-masing untuk beristirahat.