Selasa, 30 Agustus 2022 – PKM : Penyuluhan Kanker Payudara untuk Murid SMA AL-Jawami

Aktivitas : PKM                                                                                                          Tanggal : Selasa, 30 Agustus 2022                                                                                Pukul : 5.30-10.00                                                                                                    Durasi : 4 jam 30 menit

Hari dilaksanakannya PKM tiba. Hari ini, saya akan berangkat menuju ke SMA Al-Jawami bersama dengan Ayu, Hasna, Geubrina, dan Enje. Kami berencana untuk pergi pada pukul 5.30 agar pada pukul 6 pagi kami sudah sampai sekolah seperti yang sudah direncanakan. Pada pukul 5.30 saya bergegas menuju kos Ayu, setelah itu memesan transportasi online untuk menjemput Hasna, Geubrina, dan Enje lalu setelah itu menuju ke SMA Al-Jawami. 

Sesampainya pada SMA Al-Jawami, ternyata keadaan sekolah masih sangat sepi. Padahal, kami ingin mengatur kelas yang menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan secepat mungkin. Namun, karena penjaga sekolah pun belum datang, kami memutuskan untuk sarapan terlebih dahulu. 

Seiring waktu berjalan, sambil menunggu penjaga sekolah, saya berlatih untuk menjadi MC bersama Nisya. Untungnya, hasil latihan kami yang hanya dilatih satu kali pada saat itu berjalan dengan lancar. Setelah berlatih, ternyata penjaga sekolah belum datang dan kelas pun belum bisa untuk diatur tata letaknya. Maka dari itu, sambil menunggu, saya bergegas untuk melakukan briefing mengenai agenda acara hari ini bersama dengan seluruh anggota kelompok. 

Setelah briefing selesai, penjaga sekolah sampai. Namun, ternyata ada sesi berdoa pagi hari. Sehingga, tidak memungkinkan bagi kami semua untuk mempersiapkan kelas. Maka dari itu, hanya beberapa dari kami (saya, Kemal, Geubrina, Ayu, Rio, Zahra, Nurjanah, dan Ayu) yang mempersiapkan kelas. Kami mempersiapkan kursi, proyektor, sound, mikrofon, dan menata persiapan meja registrasi serta konsumsi. Setelah keadaan sudah lebih kondusif, sisa anggota kami menuju kelas dan acara dimulai. 

Rangkaian acara hari ini terdiri dari beberapa mata acara, seperti penyampaian materi mengenai breast cancer dan sesi fasil yang menjadi wadah bagi para siswi untuk lebih memahami dan bertanya mengenai breast cancer secara lebih personal.

Pada awal dilaksanakannya acara, saya merasa sedikit cemas karena sudah lama semenjak saya menjadi MC yang dilakukan secara luring. Sangat terasa bahwa dari penyampaian saya, diksi, dan tempo bicara yang belum terasa baik. Namun, seiring berjalannya waktu, saya menjadi lebih terbiasa dan bisa melakukannya dengan lancar.

Kegiatan diawali dengan sambutan, lalu dilanjutkan dengan pre-test dan penyampaian materi. Beberapa hal yang dijelaskan dalam penyampaian materi, antara lain adalah definisi, epidemiologi, faktor risiko, tanda dan gejala, SADARI, dan pengobatan dari breast cancer. Setelah penyampaian materi selesai, acara dilanjutkan dengan games, pembagian fasil, dan sesi fasil. Pada sesi fasil, saya bersama Ayu menjadi kakak fasil kelompok 2. Pada sesi tersebut, saya berbincang-bincang dengan anggota fasil, lalu menjelaskan epidemiologi breast cancer dan teknik SADARI untuk mendeteksi breast cancer. Saya sangat senang karena banyak pertanyaan yang muncul dari anggota kelompok. Lagi-lagi saya belajar untuk menjadi kritis dan memunculkan pertanyaan dari ilmu yang didapat. Setelah sesi fasil, post-test dilakukan. Lalu setelah itu, kami menutup acara dengan sesi dokumentasi. 

Begitu acara selesai, kami merapikan kelas dan barang-barang kami. Setelah itu kami juga mengadakan sesi dokumentasi bersama anggota kelompok dan Bu Nayla.

Setelah segala bentuk acara dan dokumentasi selesai, saya dan anggota kelompok lain makan bersama di salah satu warung makan di Jatinangor. Hari ini sangat menyenangkan dan rasanya segala bentuk usaha terbayarkan.

Tautan =