I'll Tag It!!

academics and life of me

Popped Up Research Question -2

without comments

Mumpung masih ingat, langsung ditulis. RQ ini berhubungan dengan sistem informasi akuntansi, khususnya dalam konteks pemahaman terhadap proses bisnis. Kita ketahui dalam keberhasilan pengembangan atau pun penggunaan sistem informasi akuntansi, pendekatan user centric merupakan pendekatan yang bisa digunakan untuk memastikan seberapa berguna / berhasil kah sebuah sistem yang akan dirancang dalam run time.

Berikut RQ yang dimungkinkan dalam konteks terhadap evaluasi kritis terhadap sistem.

1. Bagaimana model data memiliki kualitas yang bisa disampaikan pada pengguna dalam hal pemaknaan terhadap realitas proses organisasi. Peneliti bisa menggunakan metode riset kuasi eksperimen dengan membandingkan beberapa model data yang biasa digunakan dalam praktik (ER, Objek, IDEF, atau UML) kemudian terapkan pada sampel partisipan yang memakainya.

2. Mengevaluasi kualitas struktural dari sebuah model dalam mengekspose pengendalian aplikasi, atau khususnya pengendalian pada proses bisnis (business process control)? hal ini penting, krn dalam praktik information assurance/auditing, pemahaman terhadap IT Governance yg khususnya IT control di bagi menjadi beberapa layer, entity level, service level (general control) dan business process level (application control). Silahkan refer ke COBIT.

3. Meneliti seberapa jauh kemampuan model/diagram dalam perancangan sistem terhadap pemahaman user dalam melaksanakan tugas mereka (sering disebut Task Implementation) yang diamanatkan pada mereka. Sekali lagi, metode riset yang cukup representatif adalah eksperimen. Studen pada awalnya menciptakan skenario terlebih dahulu, rancang bangunan model yg akan dipakai lengkap dengan versioningnya, kemudian terapkan pada sampel user (bisa mahasiswa akuntansi lainnya, atau vendor untuk mencerminkan relevancy). Hal ini empirically lebih robust dibanding melakukan analisis melalui kuisioner.

That’s it for now….
Gruß

Written by Ritchi

July 15th, 2011 at 8:07 pm