Organisasi Profesi Komputer Internasional

logoACMieee_logo_mb_tagline

 

 

 

 

Setidaknya ada dua organisasi profesi bertaraf internasional yang menjadi rujukan dalam penelitian dan pengembangan keilmuan komputer /informatika. Dua organisasi profesi tersebut adalah:

  1. ACM : Association for Computing Machinery
  2. IEEE Computer Society

Untuk menjadi anggota, ACM memberikan harga khusus untuk negara-negara tertentu termasuk Indonesia. Biaya keanggotaan sebagai Professional Membersip  dalam 1 tahun adalah US$20 atau sekitar Rp. 199.000 dengan fasilitas antara lain mengakses Communications of the ACM (CACM: the essential source for computing professionals). Untuk menjadi anggota, silakan mengisi formulir aplikasi di alamat ini, kemudian memilih ACM Basic Online Membership Package — ($20 U.S. Dollars) ATAU mengakses situs umum ACM http:///www.acm.org dan memilih Join ACM Special Rates for Residents of Developing Countries.

Menjadi anggote IEEE Computer Society memerlukan dua langkah yaitu (1) menjadi anggota IEEE lalu menjadi anggota IEEE Computer Society. Biaya untuk menjadi anggota IEEE dan IEEE Computer Society adalah US$109. Untuk negara berkembang IEEE memberikan alternatif e-Membership  option for Developing Nations dengan biaya US$50. Fasilitas yang diberikan adalah majalah Computer dan kartu keanggotaan dalam satu tahun.

Selain Professional Membership, kedua himpunan profesi itu juga menawarkan Student Membership dengan biaya yang jauh lebih murah dan kesempatan utnuk mendapatkan beasiswa.