Pengalaman Mengikuti Seleksi PNS Berprestasi Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022

Posted by Kristyawan Sutriyanto on 23 Maret 2023 in Artikel |

Awalnya saya merasa bingung saat mendapatkan tawaran dari atasan untuk mengikuti Lomba Inovasi dalam rangka seleksi PNS Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2022. Ada rasa bangga karena diberikan kepercayaan untuk mengikuti seleksi namun disisi lain “bingung” karena belum tahu akan membuat inovasi yang seperti apa, ditambah lagi batas waktu pengajuan proposal hanya tinggal menghitung hari (kurang dari 2 minggu).

Akhirnya dengan bermodalkan “The Power of Kepepet” saya berusaha mencari ide sebagai bahan untuk menyusun proposal.  Tiga hari berlalu tapi saya belum mendapat ide untuk proposal, karena inovasi yang diajukan harus berkaitan dengan tupoksi pekerjaan saya.  Disaat saya hampir menyerah karena belum kunjung mendapat “inspirasi”, tiba-tiba saya mendapatkan ide membuat media edukasi kebencanaan bagi anak-anak berupa permainan kwartet. Setelah kurang lebih satu minggu menyusun dan mendesain, akhirnya selesai juga permainan Kebencanaan yang saya beri nama permainan SiTabe yaitu singkatan dari Siaga Tanggap Bencana.

Permainan SiTabe merupakan metode edukasi tanggap bencana pertama di Jakarta bahkan di Indonesia. SiTabe mengadopsi permainan kartu kwartet yang dapat dimainkan oleh dua sampai lima orang pemain. Satu set permainan SiTabe terdiri dari 32 buah kartu bergambar yang terbagi ke dalam 8 topik dan masing-masing topik memiliki 4 subtopik yang berkaitan dengan kebencanaan. Topik yang dibahas diantaranya jenis bencana yang sering terjadi di Jakarta, faktor penyebab hingga cara yang dilakukan saat menghadapi bencana.

Setelah melalui tahapan seleksi kelengkapan administrasi di tingkat Kota Jakarta Selatan dan seleksi di tingkat Provinsi DKI Jakarta, tanpa diduga ternyata proposal yang saya ajukan masuk dalam 20 besar peserta yang akan masuk kedalam tahap selanjutnya.

(bersambung)…

Copyright © 2015-2024 Kristyawan Sutriyanto Blog's All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.