First Meet Offline (5 Agustus 2022)

Perkenalan dan Diskusi Kelompok

Pada tanggal 3 Agustus 2022 saya mendapatkan informasi terkait pelaksanaan kegiatan elektif yang saya pilih dan Jum’at 5 Agustus 2022 merupakan hari pertama kegiatan elektif yang dilaksanakan secara luring di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjara (Gedung Pamitran) di Jalan Prof. Eyckman No. 38, Bandung. Pertemuan pertama elektif ini berisi kegiatan diskusi bersama kelompok di ruang kuliah D dan kunjungan ke Laboratorium Biomedik Lanjut.

Sebelum kegiatan dimulai, di koridor gedung RSP Unpad lantai 4 sudah banyak anggota kelompok kami yang hadir, begitu pun dengan anggota kelompok yang dibimbing oleh dr. Ghozali dan dr. Siska. Kegiatan diawali pada pukul 8 pagi dengan agenda perkenalan kembali antar anggota kelompok dan dosen pembimbing. Selanjutnya, diskusi berlangsung dengan topik bahasan terkait materi pembelajaran yang harus dipelajari untuk 1 bulan ke depan, rangkaian kegiatan serta rencana jadwal kegiatan elektif ini.

Sebelum melakukan kunjungan ke laboratorium, kami mencatat beberapa nama alat yang ada di laboratorium biomedik lanjut FK Unpad dan ditugaskan untuk mencari prinsip kerja dari alat-alat tersebut, kemudian melakukan presentasi. Alat-alat tersebut meliputi:

    1. Flow cytometry, Fluorescence Activated-Cell Sorting (FACS)
    2. GeneXpert
    3. MiSeq
    4. ELISA
    5. PCR
    6. PyroSeq
    7. Inverted Microscope
    8. Fluorescence Microscope
    9. HPLC
    10. Sanger Sequencing
    11. Hb Analyzer

Setelah itu, kami membagi tugas untuk mencari materi terkait prinsip kerja dan fungsi dari alat di atas, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium biomedik lanjut yang terdiri dari 4 laboratorium. Sebelum memasuki laboratorium, kami harus mengenakan jas lab terlebih dahulu dan menyimak penjelasan dari bu Nayla.

Kunjungan Ke Laboratorium Biomedik Lanjut

Agenda berikutnya adalah kunjungan ke laboratorium lanjut untuk mengetahui fungsi, isi dan pekerjaan apa yang dilakukan di dalam laboratorium tersebut.

Laboratorium pertama yang dikunjungi adalah Laboratorium Kultur Sel dan Sitogenetika. Di sini kami diperlihatkan sebuah alat bernama Fluorescence Microscope yang berfungsi dalam meneliti kromosom dan mengidentifikasi kelainan genetik pada seseorang. Setelah itu, kami diajak untuk melihat tempat kultur sel yang memiliki tingkat sterilitas tinggi sehingga kami hanya diperbolehkan masuk sampai ruang pendingin tempat penyimpanan media kultur sel. Sebelum sampai di ruang pendingin, kami telah melakukan proses sterilisasi dengan melepas sepatu dan menggantinya dengan sepatu khusus kemudian melewati ruangan berpintu ganda. Terakhir, sebelum berpindah ke laboratorium lain, kami diperlihatkan sebuah alat penyimpanan kultur sel yang berisi nitrogen cair.

Laboratorium kedua yang dikunjungi adalah Laboratorium Immunologi. Di sini kami melihat beberapa alat seperti ELISA, FACS, MiSeq dan GeneXpert serta diberi sekilas penjelasan terkait fungsi dari alat-alat tersebut. Selain itu, terdapat beberapa alat sentrifugal dan inkubator di laboratorium ini.

Laboratorium ketiga yang dikunjungi adalah Laboratorium Genetika Molekuler. Di sini kami hanya melihat beberapa alat seperti mesin PCR, PyroSeq, G:BOX, Elektroforesis, dan Hb Analyzer. Saat itu, kondisi laboratorium cukup ramai sehingga kami hanya melihat dan memfoto serta menerima penjelasan singkat terkait alat-alat yang dilihat.

Laboratorium terakhir yang dikunjungi adalah Laboratorium Farmakokinetika. Di sini kami menerima penjelasan terkait salah satu fungsi dari lab ini yaitu untuk menguji kadar obat yang terkandung dalam darah. Pengujian tersebut berfungsi dalam mengetahui kepatuhan pasien dalam meminum obat atau mengetahui efektifitas suatu obat beserta dosisnya. Selain itu kami menerima penjelasan terkait proses persiapan sampel darah untuk dilakukan pengujian hingga bagaimana proses pengujian tersebut berlangsung.  Selanjutnya kami diperlihatkan alat HPLC (High Performance Liquid Chromatography) dan UPLC (Ultra-High Performance Liquid Chromatography) serta 3 jenis air murni seperti aquades, aquabides, dan milli Q yang digunakan dalam proses pengujian.

Mendapatkan Pengalaman Baru

Setelah melakukan kunjungan ke laboratorium, kami kembali ke ruang kuliah D dan berdiskusi terkait kegiatan hari ini serta jadwal kegiatan berikutnya. Selama kegiatan hari ini saya dapat melihat dan menemukan hal baru yang belum pernah saya lihat sebelumnya, serta mendapatkan pengalaman baru yang berharga.