Aktivitas : Pertemuan Pertama EHASP TW2202a

Waktu : Rabu, 3 Agustus 2022 

Lokasi : Online – Zoom Meeting

Sebagai bentuk implementasi konsep kurikulum Kampus Merdeka Belajar, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran memiliki Elective Health Alliance Sciences Program sebagai fasilitas belajar mahasiswa. Elective Health Alliance Sciences Program (EHASP) adalah program pembelajaran untuk memberikan kesempatan pengembangan diri dan karir yang wajib diikuti oleh mahasiswa dengan tema/topik/materinya yang dipilih sendiri oleh mahasiswa.

Pada Senin, 25 Juli 2022 saya mendapatkan pemberitahuan informasi mengenai pemilihan wahana dan pelaksanaan Elective Health Alliance Sciences Program (EHASP) di Program Studi, Kedokteran Kedokteran, Universitas Padjadjaran melalui Whatsapp Group. Pemilihan Wahana Elective dilaksanakan pada Selasa, 26 Juli 2022 melalui platform Google Form dan pengumuman kelompok pada Selasa, 2 Agustus 2022. Saya terdaftar pada wahana EHASP dengan Topik Breast Cancer TW2202a yang dibimbing langsung oleh Dokter Siska Wiramihardja, dr., SpGK., M.Kes. Selain itu ada 3 kelompok lainnya yang memiliki Topik Breast Cancer yaitu TW2101a dan TW2301A dibimbing oleh Dokter  Dr. Mohammad Ghozali, dr., MSc., serta kelompok TW2201a yang dibimbing oleh Nayla Majeda Alfarafisa, Ph.D,. Kegiatan Elective Breast Cancer mencakup 2 sks dengan metode evaluasi belajar dan penilaian menggunakan metode portofolio berbasis teknologi informasi dalam bentuk pencatatan kegiatan serta refleksi melalui perangkat web blog dan dilaksanakan secara hybrid selama 4 minggu.

Setelah pengumuman kelompok Wahana EHASP, kelompok saya TW2202a melakukan pertemuan pertama secara online melalui platform Zoom dengan Dokter Siska pada hari Rabu, 3 Agustus 2022. Agenda dari pertemuan pertama ini adalah perkenalan antara dokter pembimbing dan anggota kelompok untuk saling mengenal satu sama lain dan memiliki pandangan visi yang sama dalam pelaksanaan kegiatan EHASP ini. First Impression saya dengan Dokter Siska adalah sangat baik dan mengayomi kami semua sehingga saya dan teman-teman kelompok merasa nyaman dan senang berada dan belajar bersama-sama di kelompok TW2202a dengan bimbingan Dokter Siska. 

Anggota kelompok TW2202a juga saling memperkenalkan diri satu sama lain anggota kelompok TW2202a sangat baik, ramah, dan saling mengerti satu sama lain sehingga sejak awal saya percaya bahwa kelompok TW2202a akan memiliki kerja sama tim yang baik. Saat teman-teman anggota kelompok memperkenalkan diri, Dokter Siska selalu berusaha untuk mengenal dan mengingat nama anggota kelompok kami, mungkin terlihat kecil tetapi menurut saya yang memperhatikan secara detail itu memiliki esensi yang berarti bahwa Dokter Siska care, peduli, dan benar-benar ingin mengenal kami mahasiswa bimbingan beliau. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi dan sangat respectful dengan Dokter Siska selaku Dokter Pembimbing. Atas kerjasama yang baik antara Dokter Pembimbing dan anggota kelompok yang suportif membuat saya merasa nyaman dan excited untuk melakukan pembelajaran di Program EHASP Breast Cancer TW2202a.

Setelah sesi perkenalan, kami berdiskusi mengenai apa saja hal yang akan kami pelajari dan kegiatan yang akan dilakukan selama 4 minggu kedepannya. Pada diskusi first meet ini, kami diberitahukan bahwa wahana kegiatan pertama yang akan kami lakukan yaitu mengunjungi Laboratorium di Rumah Sakit Pendidikan Unpad (Gedung Pamitran), Jalan Eyckman No. 38 Bandung pada hari Jumat, 5 Agustus 2022. Diinformasikan bahwa kami akan mengunjungi Laboratorium tersebut untuk belajar dan melihat langsung secara realistis kegiatan dan alat-alat di Laboratorium penelitian tersebut yang digunakan dalam meneliti berbagai hal termasuk dalam meneliti sel kanker, sesuai dengan Program EHASP saya yaitu Analisis In Vitro dan Ex Vivo Sekretom Lingkaran Kecil Tumor Sel Kanker Payudara pada Sel Imun serta Pengembangan Marka Biologis dan Pengaruh Nutrisi dalam Diagnosis dan Terapi Spesifik Kanker Payudara Metasis.