Aktivitas : Visit Laboratory 1

Waktu : Jumat, 5 Agustus 2022 

Lokasi : Laboratorium Rumah Sakit Pendidikan Unpad (Gedung Pamitran), Jalan Eyckman No. 38 Bandung

Elective Health Alliance Sciences Program adalah program pembelajaran untuk memberikan kesempatan pengembangan diri dan karir yang wajib diikuti oleh mahasiswa dengan tema/topik/materinya yang dipilih sendiri oleh mahasiswa. Implementasi konsep kurikulum Kampus Merdeka Belajar yaitu dengan mengintegrasikan sekaligus menguatkan metode pembelajaran kolaboratif yang tidak hanya melibatkan interaksi mahasiswa dan staf pengajar dalam satu program studi, namun narasumber, kolega, dan masyarakat di luar program studi.

Topik wahana yang saya dapatkan yaitu mengenai Breast Cancer yang bimbing oleh Dokter Siska Wiramihardja, dr., SpGK., M.Kes. secara langsung. Kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 5 agustus 2022 di Rumah Sakit Pendidikan Gedung Pamitran (Pusat Akademik, Inovasi, Teknologi, dan Riset Kesehatan) Eyckman Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Kegiatan pertama dilakukan secara luring dengan mengunjungi beberapa laboratorium biomedik yaitu mengunjungi laboratorium farmakokinetik, immunologi, molekuler genetika, dan kultur sel dan sitogenetika. 

Kami mengunjungi laboratorium secara bergantian dan membagi menjadi dua kelompok. Laboratorium pertama yang dikunjungi yaitu lab farmakokinetik, immunologi, molekuler genetika, dan kultur sel dan sitogenetika secara berurutan. Saya dapat melihat secara langsung alat-alat yang digunakan di setiap laboratoriumnya seperti Flow cytometry, GENEXPERT, PCR, sentrifugal, Inverted Microscope, Freezer, dan Liquid Nitrogen Tank. Laboratorium kultur sel dan sitogenetika sangat berkesan untuk saya karena penjelasannya yang sangat lengkap dan ditunjukan secara langsung sehingga saya mendapatkan sebuah pengalaman yang terasa lebih real.

Selama kegiatan berlangsung saya mendapatkan pengetahuan baru dan mendapatkan pengalaman melihat alat dan kondisi lab secara langsung. Saya juga sudah dapat beradaptasi dengan dokter dan  teman-teman sekelompok yang sangat baik dan ramah yang memudahkan untuk berkomunikasi. Selain itu, terdapat beberapa kendala pribadi yang terjadi dikarenakan beberapa faktor secara internal maupun eksternal serta kendala dalam proses pembelajaran laboratorium dengan durasi yang terbatas. Durasi yang terbatas menjadi salah satu kendala karena menjadikan beberapa informasi terlewat dan saya tidak terlalu memahami tentang alat-alat yang ada termasuk dari segi fungsi dan mekanisme kerja alat-alat tersebut.

Oleh karena itu beberapa kendala ini dapat dijadikan evaluasi kedepannya saya akan lebih menyiapkan diri serta saya berharap semoga perencanaan kegiatan yang lebih pasti dan spesifik. Proses belajar kelompok yang sangat baik berikut dokter siska yang sangat mengayomi dan sangat baik, ketua kelompok yang sangat baik dan anggota kelompok yang saling mengatasi kekurangan pemahaman belajar dengan saling berbagi tugas dan berdiskusi satu sama lain sehingga dapat meningkatkan pemahaman, dengan ini saya sangat mengapresiasi dan bersyukur dapat belajar dan bekerja sama dengan kelompok yang suportif dan memiliki kerjasama yang sangat sangat baik.