Refleksi

Setelah selama lima minggu mengikuti kelas ini, saya merasa saya sudah mendapatkan skill baru, yaitu mengolah data menggunakan bahasa R, meskipun saya masih harus mengasah dan terus berlatih agar menjadi lebih fasih dalam menggunakan bahasa ini.

Sebelum mengikuti kelas ini, saya sudah pernah mengikuti suatu kursus bahasa Python, sehingga saya sudah familiar dengan bahasa pemograman tersebut. Namun, ini adalah pertama kalinya saya mendengar bahasa pemograman R.

Dikatakan bahwa bahasa R lebih mudah dibandingkan dengan Python, namun menurut saya adalah kebalikannya, tetapi hal tersebut dapat dikarenakan oleh faktor saya pernah mempelajari Python sebelumnya, sedangkan R adalah hal yang sangat baru untuk saya.

Saya awalnya berharap saya mendapatkan projek yang menggunakan metode atau bahasa Python agar saya dapat mengingat kembali, berlatih, dan mendalami skill Python saya, namun kebetulan saya mendapatkan projek yang secara penuh menggunakan R.

Meskipun demikian, saya senang saya mendapatkan projek “A Text Analysis of Trump’s Tweets”, karena metode text-mining ini adalah salah satu metode yang membuat saya penasaran dan dengan mendapatkan projek ini saya mendapatkan skill baru dan dapat mendalami bahasa R.

Saya juga merasa terbantu dengan rekan-rekan sekelompok saya yang lebih ahli dalam R dibandingkan saya, sehingga saat saya kesusahan saya mendapatkan bantuan dari mereka.

Setelah mengikuti kelas ini, saya menjadi lebih tertarik dengan analisis data dan pengolahan data dan potensial-potensial yang terkait dengan hal ini. Saya berharap saya dapat meneruskan mempelajari hal-hal mengenai analisis data dan memperdalam skill saya dengan bahasa pemograman seperti R dan Python. Saya juga berharap saya dapat mengaplikasikan skill-skill yang baru saya peroleh di masa depan dan menggunakan skill ini untuk hal-hal baik yang membantu saya dan orang lain.