PKM (30 Agustus 2022)

Kegiatan hari ini adalah wahana terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan EHASP ini. Pada hari ini tanggal 30 Agustus yang bertepatan dengan hari kelahiran saya, kami akan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa penyuluhan kesehatan terkait kanker payudara di SMA Al-Jawami Cileunyi. Saya sendiri bersama Amara, Hasna, Ayu, dan Geubrina berangkat dari Jatinangor sekitar pukul 6 pagi dan sampai di tempat sekitar pukul 6 lebih. Suasana di sekolah tersebut masih sepi, karena memang masih terlalu pagi untuk para siswa datang ke sekolah. Sambil menunggu anggota kelompok lain datang, saya sarapan terlebih dahulu karena belum sempat sarapan.

Sekitar pukul 7 pagi, para siswa sudah datang dan satu persatu anggota kelompok kami pun berdatangan. Setelah semua anggota berkumpul, kami melakukan briefing sebentar untuk membahas rangkaian mata acara dan durasinya, serta tugas masing-masing anggota. Sebelum memulai persiapan, kami berdoa untuk kelancaran kegiatan hari ini.

Sekitar pukul 7.15, sebagian anggota kami menyiapkan tempat kegiatan dan perangkat seperti laptop, proyektor, dan mikrofon, sedangkan sebagian anggota lain menunggu para siswa selesai melaksanakan sholat duha. Persiapan tempat dan perangkat berlangsung cepat dan selesai tepat waktu sebelum para siswa berdatangan. Saya senang hari ini semua orang dapat bekerja sama dengan baik.

 

Target peserta kegiatan PKM ini adalah para siswi SMA Al-Jawami yang berjumlah sekitar 60 orang. Sekitar pukul 7.40 para siswi berdatangan dan mengisi absensi kemudian masing-masing mendapatkan konsumsi berupa susu dan roti. Kedatangan siswi berjalan tertib dan sesuai rencana, pada pukul 8 tepat kami memulai acara yang dibuka dengan membaca doa. Rangkaian inti acara hari ini adalah sesi penyampaian materi, games, dan sesi fasil ( sesi diskusi dan sharing dalam kelompok kecil). Sebelum sesi penyampaian materi, para peserta mengisi pre-test terlebih dahulu.

Sesi Penyampaian materi

Anggota kelompok kami dibagi menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 2 orang untuk menjadi kakak fasil. Saya bersama Intan (anggota kelompok dr. Siska) menjadi kakak fasil kelompok 3 yang terdiri dari 6 peserta. Setelah sesi pembagian fasil, kami pergi keluar ruangan untuk berkumpul dan berdiskusi terkait materi yang telah disampaikan dan mengobrol bersama peserta. Pertama-tama kami bertanya kepada peserta terkait materi untuk mengetahui seberapa banyak materi yang telah diketahui peserta. Disini para peserta memberikan respon yang baik dan seluruh anggota kelompok ini sudah mengetahui pengertian, tanda dan gejala, serta cara mendeteksi kanker payudara dengan SADARI. Setelah recall materi, Intan memperlihatkan sebuah video terkait cara memeriksa payudara sendiri. Sebelum sesi ini berakhir, saya sempat bertanya terkait pengalaman peserta, apakah sudah pernah mendengar atau menemukan kasus kanker payudara di sekitar mereka. Dari pertanyaan tersebut, terdapat satu orang peserta yang pernah mendengar kasus kanker payudara yang terjadi pada orang di sekitarnya. Sesi fasil ini berlangsung singkat, sebelum kembali ke dalam ruangan, kami sempat melakukan foto bersama. Setelah sesi fasil, para peserta mengisi post-test, kemudian berfoto bersama, berdoa dan penutupan.

Acara hari ini berjalan lancar dan sesuai rencana bahkan dapat selesai lebih cepat tanpa ada rangkaian yang terlewat. Saya sangat mengapresiasi kerja sama antara 2 kelompok ini yang sebelumnya sempat saya ragukan karena segala hal dipersiapkan dalam waktu singkat. Saya merasa senang sekali karena di hari yang bertepatan dengan hari lahir saya ini, saya mendapatkan pengalaman baru serta mendapatkan kesempatan untuk berbagi sedikit ilmu melalui kegiatan PKM ini yang insya allah dapat bermanfaat bagi saya pribadi maupun orang sekitar. Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada bu Nayla dan dr. Siska yang senantiasa membimbing dan mendukung kami dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini, serta teman teman anggota kelompok bu Nayla dan dr. Siska yang telah bersedia meluangkan waktu, memberikan tenaga, serta bekerja sama demi terlaksananya kegiatan ini.

Sebelum meninggalkan SMA Al-Jawami, kami sempat melakukan foto bersama dan setelah berfoto, bu Nayla pamit untuk pergi lebih dulu. Sebelum kembali ke tempat masing-masing, kami sempat makan bersama di warung SS Jatinangor dan acara makan bersama ini menjadi penutup dari pertemuan kami hari ini.

LAMPIRAN: