Aktivitas : Seminar Pakar 1

Waktu : Sabtu, 13 Agustus 2022 

Lokasi : Online – Zoom Meeting

Selain dengan adanya kegiatan pengunjungan laboratorium dan presentasi, terdapat juga wahana kegiatan Seminar Pakar. Kegiatan Seminar Pakar pertama dilakukan pada Sabtu, 13 Agustus 2022 dipaparkan langsung oleh Dokter Dr. Mohammad Ghozali, dr., MSc dengan tema “Riset Ilmu Kedokteran Dasar Menjawab dan Menyelesaikan Masalah Kanker Payudara Metastasis”. Kegiatan dilakukan secara hybrid bertempat di Gedung C1 dan C2 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dan melalui Zoom Meeting.

Sebelum dilaksanakannya Seminar Pakar, terdapat kegiatan olahraga berjalan bersama mengelilingi kampus di Universitas Padjadjaran. Kegiatan olahraga bersama dimulai dari Gedung C1 Fakultas Kedokteran pada pukul 06.30 dan berakhir pukul 07.45 di Gedung C2 Fakultas Kedokteran. Setelah kegiatan olahraga bersama selesai, kami memulai kegiatan Seminar Pakar pada pukul 08.00 secara hybrid. 

Pada kegiatan ini saya dan sebagian besar anggota kelompok saya tidak dapat menghadiri sesi olahraga bersama tersebut karena pemberitahuan yang mendadak, mobilitas yang sulit, serta lokasi yang tidak memadai. Meskipun kami tidak menghadiri kegiatan secara offline, kami tetap belajar dan mengikuti kegiatan secara online melalui Zoom Meeting yang sudah dipersiapkan. Seminar Pakar disampaikan secara langsung dan dipaparkan dengan powerpoint yang sebelumnya telah diberikan untuk kami pelajari terlebih dahulu.

Sebelum pemaparan materi, Dokter Dr. Mohammad Ghozali, dr., MSc kembali mereview dan memaparkan kembali mengenai tujuan, esensi, dan juga evaluasi dari Kegiatan Elective Health Alliance Sciences Program (EHASP) dengan Topik Breast Cancer: Analisis IN VITRO  dan EX VIVO Sekretom Lingkungan Kecil Tumor Sel Kanker Payudara pada Sel Imun serta Pengembangan Marka Biologis dan Pengaruh Nutrisi dalam Diagnosis dan Terapi Spesifik Kanker Payudara.

Dalam pemaparan, kami mempelajari urgensi dari penyakit kanker, terkhusus kanker payudara. Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Breast cancer  merupakan kanker paling umum di Indonesia, dengan data Indonesia 65.858 insidensi di tahun 2020. Insidensi kanker payudara di Provinsi Jawa Barat Sebanyak 913 wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara, dengan pertambahan kasus dari tahun 2014 hingga 2018 sebanyak 913 kasus baru di Rumah Sakit Hasan Sadikin. 

Selain dengan adanya pemaparan urgensi, juga terdapat beberapa pemaparan background bacic science kanker payudara dan penjelasan kembali mengenai Kegiatan Elective Health Alliance Sciences Program (EHASP) agar kami memiliki pandangan dan visi yang sama dalam melaksanakan kegiatan ini. Berikut adalah pemaparan Dokter Dr. Mohammad Ghozali, dr., MSc yang meliputi:  

    • Epidemiologi kanker payudara
    • Diagnostic approach kanker payudara
    • Challenges in breast cancer
    • Basic science breast cancer
    • EHASP (Elective Health Allies Sciences Program)
    • Tujuan dan learning outcome EHASP
    • Wahana dalam elektif kanker payudara
    • Evaluasi pembelajaran
    • Lini masa pengerjaan