Day 1 – Laboratorium Tour

EHASP atau Evaluasi Belajar Mahasiswa pada Elective Health Alliance Science Program atau program elektif yang diikuti oleh mahasiswa selama  6 semester.  EHASP terdiri dari beberapa wahana elektif yang dapat dipilih.Topik wahana elektif yang saya pilih adalah Breast Cancer yang mana dibimbing oleh dokter Siska Wiramihardja, dr., SpGK. Pada kesempatan ini saya diberikan pengalaman yang memukau dimana kegiatan ini sendiri dilakukan secara Hybrid sehingga kami dapat berinteraksi secara langsung. Maka dari itu saya mengenal beberapa mahasiswa lainnya yang sebelumnya belum saya kenal baik dari angkatan 2020 ataupun 2021.

Kegiatan pertama dari elektif yang kami ikuti pada  Jumat, 5 Agustus 2022 pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB di Laboratorium Biomedik Lanjut di Rumah Sakit Pendidikan Unpad (Gedung Pamitran) jalan Eyckman No. 38 Bandung. Pada hari ini kami melakukan permulaan seperti perkenalan satu sama lain peserta elective serta dengan pembimbing. Lalu dilanjutkan dengan Laboratorium Tour ini dipandu langsung oleh pembimbing kami dokter Siska.

Berikut beberapa  daftar Laboratorium yang ada di Gedung Parmitan :

  1. Lab farmakokinetik
  2. Lab immunologi
  3. Lab molekuler genetik
  4. Lab kultur sel dan sitogenetika.

Pertama kami diajak untuk mengunjungi lab farmakokinetik yang mana pada kesempatan ini kami dijelaskan mengenai alat- alat yang ada pada lab farmakokinetik, kegunaannya dan beberapa komponen lainnya. Setelah itu kami menuju lab immunologi yang mana kami dijelaskan kembali mengenai 4 alat yang ada pada lab ini. Setelah dijelaskan mengenai komponen yang ada padalab immunologi kami berpindah lagi ke lab yang ketiga yaitu lab molekuler genetik yang dimana di lab ini memiliki 5 alat yaitu hemoglobin analyzer , elektroforesis , Gbox u, PCR dan Genetic analyzer. Lalu lab terakhir yang kami kunjungi adalah lab kultur sel dan sitogenetika. Setelah itu kelompok kami diberikan waktu untuk berdiskusi hingga akhirnya setelah hasil diskusi tsb kami sampaikan kepada pembimbing maka berakhir lah kegiatan pada hari ini.