Hacktoberfest itu …

Kurang lebih di pertengahan tahun 2020 pada bulan september pada linimasa sosial media saya bermunculan informasi sebuah event bernama Hacktoberfest. Berbekal rasa penasaran dan adanya iming-iming hadiah berupa SWAG gratis dari event tersebut, maka saya coba cari tahu lebih mendalam event apa sebenarnya Hacktoberfest.

Apa itu Hacktoberfest?

Mari kita coba rujuk dulu dari website penyelenggara kegiatan ini.

Hacktoberfest is a monthlong celebration of open source software run by DigitalOcean. Hacktoberfest is open to everyone in our global community! Four quality pull requests must be submitted to public GitHub repositories. You can sign up anytime between October 1 and October 31. (https://hacktoberfest.digitalocean.com)

Yup, Hacktoberfest merupakan sebuah event global yang mengundang banyak orang ikut berkontribusi pada proyek opensource yang disimpan di repository GitHub.

Hacktoberfest ini sendiri diadakan pada bulan Oktober selama 1 bulan penuh dan bisa diikuti oleh semua orang dimanapun berada.

Event ini sendiri diadakan oleh Digital Ocean (https://www.digitalocean.com/) yang bekerjasama dengan beberapa sponsor seperti intel dan dev.

Nah apabila kita telah mengikuti dan memenuhi kualifikasi event ini, kita berhak untuk mendapatkan hadiah/ SWAG minimal berupa kaos dan sticker dari sponsor atau bisa juga memilih menanam pohon. Kenapa saya sebut minimal, karena sebetulnya ada SWAG lain yang lebih bernilai seperti headphone, keyboard, kindle, harddisk external bahkan sampai notebook (https://hacktoberfestswaglist.com). Tetapi tentunya untuk mendapatkan SWAG lain ini diikuti dengan persyaratan yang lebih tinggi, untuk pemula seperti saya cukuplah dengan SWAG minimalis.

SWAG ini nantinya akan dikirim kerumah kita dari markas Digital Ocean di Amerika Serikat. Memang sih cukup lama, saya pribadi kurang lebih 1 bulan lebih dari mulai adanya notifikasi pengiriman paket di bulan Nopember sampai dengan diterima di bulan Desember.

Waktu 1 bulan itu relatif lebih cepat dibandingkan dengan rekan-rekan lain dari Indonesia yang baru menerima paket di bulan Januari atau Februari.

Oh ya, saat menerima paket biasanya ada biaya cukai yang nanti ditagih langsung oleh kurir dari PT. Pos, saya sendiri ditagih Rp. 20.000,- dan nominal ini akan berbeda sesuai lokasi kita.

Kenapa Hacktoberfest

Sebetulnya kenapa sih ada event Hacktoberfest ini sih? Tujuan utamanya agar lebih banyak lagi masyarakat yang sadar dan ikut berkontribusi pada proyek opensource. Dengan lebih banyak masyarakat yang berkontribusi maka diharapkan proyek opensource ini bisa lebih banyak dan berkualitas.

Apa opensource itu? Opensource mengacu pada perangkat lunak yang kodenya dapat diakses oleh publik dan memungkinkan siapa saja untuk memeriksa, memodifikasi, atau mempelajarinya. Proyek Opensource sendiri mendorong masyarakat untuk ikut berkolaborasi dan bebas untuk menggunakan perangkat lunak tersebut.

Berkat proyek opensource ini maka perkembangan software sangat cepat, selalu ada peningkatan-peningkatan berupa fitur, keamanan, dll.

Siapa saja yang bisa ikut

“Siapa saja yang bisa ikut event ini” atau saya coba ganti pertanyaannya “saya tidak bisa coding apakah bisa ikut?”

Jawabannya bisa.

Sebetulnya skill yang minimal harus dikuasai untuk mengikuti event ini adalah kemampuan untuk menggunakan Git dan GitHub. Karena Git dan GitHub ini merupakan cara agar kita bisa melakukan pengambilan file-file sourcecode dari repository, memodifikasinya dan menyimpan kembali sourcecode hasil modifikasi kita ke repository.

Jika kamu tidak bisa coding dan hanya mampu bahasa inggris dan indonesia, kamu bisa ikut berkontribusi pada penerjemahan proyek opensource.

Proyek-proyek opensource bagi yang masih belajar bisa dibaca-baca di sini https://hacktoberfest.digitalocean.com/details/#beginners.

Mari Kita Bergabung

Untuk ikut bergabung dalam event ini pertama kali kita harus memiliki akun GitHub (https://github.com/). Pendaftaran GitHub cukup sederhana, kamu hanya diminta mengisi data umum seperti username, alamat email dan password.

Setelah memiliki akun GitHub, langkah selanjutnya adalah mendaftar di website Hacktoberfest (https://hacktoberfest.digitalocean.com/).

Silahkan buka link tersebut. Lalu klik tombol Start Hacking.

Pada pilihan role, pilihlah sesuai role yang diinginkan, berikut adalah penjelasan dari masing-masing role:

  • All Roles — jika ingin memilih semua role;
  • Participant — apabila ingin menjadi peserta saja;
  • Event Organizer — apabila ingin menjadi penyelenggara event lokal (seminar, meetup, workshop, pelatihan mengenai opensource dalam rangka menyemarakkan Hacktoberfest);
  • Maintainer — apabila kamu merupakan admin repository atau maintainer proyek opensource.

Selanjutnya pastikan pilihan I have read and understand the Rules and Values dicentang. Kemudian klik Start Hacking.

Done.

Selanjutnya kita bisa langsung mulai berpartisipasi dengan melakukan pull request di GitHub. Apa itu pull request, kamu bisa cari tutorial melakukan pull request melalui mesin pencari google pasti akan banyak sekali hasil yang didapatkan.

Pada tahun 2020 ini, agar kita dinyatakan telah mengikuti event ini dan berhak mendapatkan SWAG adalah dengan melakukan 4 pull request yang telah di review dan di validasi oleh panitia.

Tips pertama …

Agar pull request kita diterima sebaiknya sebelum melakukan pull request baca dulu aturan kontribusi dari masing-masing proyek opensource. Aturan kontribusi umumnya disimpan dalam file CONTRIBUTORS.md atau README.md dalam folder repository, silahkan dibaca dan dipelajari karena masing-masing proyek opensource memiliki aturan yang berbeda dalam hal kontribusi.

Kedua …

Jangan asa-asalan melakukan pull request, karena apabila kita melakukan itu maka pull request kita akan dianggap spam dan tidak akan dihitung.

Akhir kata, saya ucapkan selamat mengikuti dan menyemarakkan event Hacktoberfest.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *