Twitter API

Twitter

Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan jejaring sosial Twitter ini, mungkin bahkan pembaca sekalian sudah memiliki akun di twitter ini. Twitter merupakan jejaring sosial yang memiliki layanan dimana pengguna dapat melakukan posting serta berinteraksi menggunakan pesan pendek yang dinamakan tweet (kicauan).

Banyak hal yang menjadikan layanan twitter menjadi sangat populer, diantaranya karena:

  1. Kemudahan. Dibandingkan dengan layanan blog, dengan twitter pengguna dapat dengan mudah menyampaikan kicauan-kicauan mereka baik itu berupa informasi kejadian, curhat, keluhan, gurauan, komentar terhadap pengguna lain, opini, dll.
  2. Update. Informasi di twitter bisa lebih update dibandingkan media sosial lainnya. Contohnya ketika ada kejadian banjir di suatu tempat maka dibandingkan kanal berita kicauan dari pengguna twitter bisa lebih cepat memberikan informasi tersebut.
  3. Tren Terkini. Salah satu kelebihan dari twitter adalah kita bisa melihat tren terkini dari sebuah topik (trending topic). Bahkan perubahan sebuah tren bisa kita lihat perubahannya dalam hitungan menit atau jam. Sebuah topik yang saat ini sedang tren umumnya ditandai dalam sebuah tagar/ hashtag (#).
  4. Curhat, twitter juga bisa menjadi sarana curhat kita baik itu curhat pribadi atau layanan publik. Hal tersebut disebabkan karena beberapa lembaga penyedia jasa layanan sudah membuka juga akun twitter resmi, dimana kita bisa menyampaikan aspirasi atau komplain kita kepada mereka.

API

Pada tulisan saya sebelumnya yang berjudul Melakukan Visualisasi Data Kasus COVID19 di Indonesia, saya sudah sempat mengupas sedikit mengenai apa itu API. API atau yang merupakan kepanjangan dari Application Programming Interface merupakan sebuah antarmuka yang digunakan agar sebuah aplikasi bisa berkomunikasi dengan aplikasi lainnya atau bisa bertukar data.

Salah satu manfaat dari API ini adalah, saat kita mengembangkan sebuah aplikasi maka kita bisa lebih fokus pada fungsionalitas dari aplikasi yang kita buat. Disini saya akan mengambil contoh aplikasi ojek online. Aplikasi ojek online ini sebetulnya membutuhkan data berupa peta baik itu jarak, lokasi sebuah titik dan kondisi lalu lintas. Tetapi disini pengembang aplikasi Ojek Online tidak perlu mengembangkan aplikasi petanya sendiri, karena sudah ada google maps yang menyediakannya, dan memberikan sebuah API agar data peta tersebut dapat diakses oleh siapa saja. Oleh karena itu pengembang aplikasi Ojek Online cukup fokus pada fungsionalitas aplikasinya sedangkan data peta dapat mereka ambil menggunakan layanan API dari google maps.

Twitter API

Untuk bisa mengambil data dari layanan twitter melalui API, maka sebelumnya kita harus mendaftar terlebih dahulu terhadap layanan tersebut. Sebelumnya, tentu kita sudah harus memiliki akun twitter terlebih dahulu. Proses pendaftaran akun twitter tidak akan dibahas disini, bagi yang belum memiliki akun silahkan buat akun twitter terlebih dahulu melalui laman https://twitter.com/.

Setelah memiliki akun twitter, proses pembuatan akses API ini dapat dilakukan melalui akun Twitter Developer yang dapat diakses di https://developer.twitter.com. Berikut dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkah proses pendaftarannya:

Buka website twitter di https://twitter.com,

Sign in dengan akun twitter kalian.

Buka halaman Twitter Developer dengan mengetik alamat berikut https://developer.twitter.com di address bar browser, dibawah ini adalah tampilan halaman Twitter Developer.

Klik tombol Apply di kanan atas, lalu klik tombol Apply for a developer account seperti pada gambar di bawah.

Pada halaman selanjutnya pilihlah kategori bagaimana kita akan menggunakan API Twitter (silahkan pilih sesuai kriteriamu). Disini saya memilih HobbyistExploring API.

Klik Get Started.

Isilah form Basic Info dengan data kita.

Pada bagian Intended Use, kalian akan diberikan beberapa pertanyaan terkait motivasi mendaftar akun developer. Jawab dengan jujur dan menggunakan bahasa inggris.

Pada bagian Review silahkan cek rangkuman jawaban dan datamu, apabila sudah sesuai lanjutkan dengan klik Next.

Pada bagian Terms silahkan checklist persetujuan dan klik Submit application.

Selanjutnya kita cukup menunggu persetujuan & cek verifikasinya melalui email kita (lama waktu persetujuan bervariasi bisa langsung disetujui atau bisa menunggu beberapa hari).

Bila Disetujui …

Apabila permohonan akun Twitter Developer disetujui maka kita akan menerima email pemberitahuan, dan tampilan dashboard Twitter Developer kita akan menjadi seperti ini.

Membuat Akses API

Setelah akses Twitter Developer disetujui, selanjutnya kita bisa membuat akses terhadap API twitter. Dalam mengakses API twitter kita memerlukan sebuah token. Token tersebut memiliki fungsi hampir sama dengan username dan password. Untuk membuat token lakukan langkah-langkah berikut:

Klik Create Project pada halaman dashboard Twitter Developer.

Pada halaman awal beri nama project yang akan kita buat.

Pilih use case yang akan kita lakukan dengan Twitter API tersebut. Disini saya memilih Exploring the API.

Isilah deskripsi project yang akan dibuat.

Terakhir beri nama aplikasi kita.

Setelah semua form terisi, maka kita akan mendapatkan akses ke Twitter API berupa API key, API secret key dan Bearer token seperti gambar dibawah ini.

Nah ketiga data inilah yang akan kita gunakan untuk berinteraksi dengan Twitter untuk memanfaatkan datanya. Simpan ketiga data tersebut baik-baik dan jangan dishare ke siapapun.

Bersambung …

You may also like...