#JuaraGCP itu …

Salah satu event yang sangat menarik di kalangan masyarakat IT yang ingin belajar dan berkarir di bidang Cloud adalah #JuaraGCP. #JuaraGCP adalah event regional yang diselenggarakan secara berkala oleh raksasa IT yaitu Google untuk wilayah Indonesia. Pada event #JuaraGCP ini, masyarakat diberikan kesempatan untuk belajar teknologi Cloud milik Google secara gratis. Pembelajaran dilakukan dengan cara praktik langsung menggunakan lab yang telah disediakan yaitu Qwiklabs.

Qwiklabs sendiri merupakan platform pembelajaran praktik yang disediakan untuk mengakses secara langsung fitur-fitur Cloud milik Google, jadi bukan merupakan simulasi. Artinya saat kita praktik melalui Qwiklabs, kita sebetulnya sedang mengakses datacenter Cloud milik Google.

Oleh karena Qwiklabs ini merupakan akses langsung ke Cloud Google, maka ada batasan-batasan yang diterapkan. Umumnya batasan itu adalah waktu dalam pengerjaan lab. Lebih lanjut mengenai Qwiklabs silahkan menuju langsung website tersebut https://www.qwiklabs.com/.

Di tahun 2020 ini, event #JuaraGCP sudah memasuki season ke 4. Kali ini tema event #JuaraGCP yang diusung adalah belajar Application Development, Infrastructure, Machine Learning, Data Analytics, dan AI di #GoogleCloud. Pelaksanaan event ini berlangsung selama 1 bulan penuh, mulai tanggal 11 September sampai dengan tanggal 11 Oktober 2020.

SWAG lagi …

Nah ini salah satu yang menarik lagi di event ini, selain mendapatkan ilmu dengan belajar langsung teknologi cloud milik Google kita juga bisa mendapatkan SWAG gratis hehe … tentunya syarat dan ketentuan berlaku.

Apa syarat dan ketentuannya?

Syarat ketentuannya yaitu kita harus menyelesaikan sejumlah lab/ quest challenge yang diberikan di Qwiklabs selama periode diatas. Apabila kita menyelesaikan 8 lab/ quest challenge maka kita berhak mendapatkan SWAG Tier 1, kemudian apabila kita dapat menyelesaikan 15 lab maka kita berhak mendapatkan SWAG Tier 2. Apa itu SWAG Tier 1 dan Tier 2? Silahkan lihat gambar dibawah ini.

Mantap kan … ada digital tumbler, hoodie, kacamata, wireless charging, dll. Tapi tidak termasuk HP ya.

Klaim SWAG

Agar dapat melakukan klaim hadiah, kita harus menyampaikan bukti bahwa kita telah menyelesaikan sejumlah lab/ quest challenge yang diminta dengan cara men-submit profile Qwiklab kita. Dalam profil Qwiklab, apabila kita telah menyelesaikan lab maka kita akan diberikan bukti berupa badge masing-masing quest tersebut, nah itulah yang dijadikan dasar klaim SWAG. Berikut adalah contoh profile Qwiklab saya.

Lalu kapan event #JuaraGCP selanjutnya? Untuk itu silahkan dipantau website Google Developer Region Indonesia berikut https://developers-id.googleblog.com/.

Akhir kata …

Event #JuaraGCP merupakan event perlu kita manfaatkan khususnya untuk menambah skill dan pengetahuan kita tentang teknologi Cloud, khususnya apabila kita memang ingin berkarir di bidang tersebut.

Mudah-mudahan di tahun 2021 ini, Google kembali membuka event #JuaraGCP ini.

Stay Tune.

 

SWAG …

 

News Update:

Event #JuaraGCP dibuka lagi !!! Kali ini dengan periode lebih pendek hanya 1 minggu yaitu dari tanggal 11 – 18 Maret 2021  diperpanjang 3 hari menjadi 11 – 21 Maret 2021. Yang mau mencoba dan bergabung silahkan akses link dalam infografis berikut.

Link liputan JuaraGCP Crash Course dapat dibaca di #JuaraGCP Crash Course itu …

You may also like...

1 Response

  1. March 29, 2021

    […] Untuk informasi lebih lanjut mengenai event JuaraGCP ini dapat membaca lagi tulisan saya sebelumnya di #JuaraGCP itu … […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *