First Week of EHASP: Data Science

Minggu pertama dimulainya EHASP: Data Science ini dimulai dengan adanya pertemuan pertama yang diadakan pada hari Rabu, 3 Agustus 2022.

Pada pertemuan pertama ini, seluruh individu yang terlibat dalam kelas ini memperkenalkan diri. Kelas ini dibimbing oleh tiga dosen, yaitu:

  1. Dwi Agustian, dr., MPH, Ph.D.
  2. Mulya Nurmansyah Adisasmita, dr., M.T.
  3. Budi Sujatmiko, dr., M.Epid.

Kelas ini juga diikuti oleh total 11 mahasiswa FK Unpad yang tercampur oleh angkatan 2020 dan 2021.

Setelah perkenalan, dr. Dwi Agustian, atau biasa dipanggil dr. Yayan, menjelaskan apa yang akan dilakukan dan materi-materi yang akan dipelajari selama sebulan kedepan di kelas ini.

Pada pertemuan kedua yang diadakan keesokan harinya (4/8/22), dr. Budi menjelaskan dan mengenalkan mengenai R, sebuah bahasa pemograman yang digunakan dalam pengelohan data. Beliau juga menerangkan bagaimana cara mengunduh aplikasi-aplikasi yang diperlukan untuk menggunakan bahasa ini pada perangkat kami, yaitu aplikasi R dan RStudios.

Pada pertemuan ketiga dan terakhir di minggu ini, diadakan pada tanggal 5 Agustus 2022, dr. Mulya mengenalkan dan menjelaskan mengenai Python, sebuah bahasa pemograman selain R yang dapat digunakan untuk mengolah data. Kami menggunakan Google Colab sebagai “lapang” bermain kami untuk mulai mengotak-atik Python dan menggunakan DQLab untuk memandu kami latihan.

Di akhir pertemuan ketiga, kelas ini dibagi menjadi tiga kelompok oleh dr. Yayan. Setiap kelompok diberi akun Datacamp yang akan memiliki kursus-kursus untuk membantu kami latihan menggunakan R dan Python. Saya kebetulan mendapatkan kelompok dua, dimana dosen pembimbing kelompok tersebut adalah dr. Budi dan rekan kelompok saya adalah Farsya dari angkatan 2020 dan Raihan dari angkatan 2021.

Dr. Yayan juga memberikan kami tugas untuk menonton sebuah documentary berjudul “Alpha-Go – The Movie” yang akan didiskusikan pada pertemuan selanjutnya.