Fifth Week of EHASP: Data Science

Pada minggu ini, saya memfokuskan untuk mematangkan pengetahuan saya terkait dengan projek kelompok saya, dimana saya berlatih kursus-kursus yang telah saya pelajari menggunakan Datacamp agar saya dapat lebih mengerti apa yang terjadi di projek kelompok yang telah saya dan rekan-rekan kelompok saya selesaikan bersama.

Pada tanggal 2 September 2022, kami dan kelompok-kelompok lain di kelas ini mempresentasikan hasil dari projek kami. Kelompok satu mempresentasikan mengenai projek mereka yang berjudul “Reducing Traffic Mortality in USA” dan kelompok tiga mempresentasikan projek mereka yang berjudul “What makes a Pok√©mon Legendary?”

Melihat projek-projek dari kelompok lain, saya merasa takjub akan projek mereka, dimana projek mereka terlihat rumit dan saya membutuhkan waktu lebih untuk dapat mengerti apa saja yang mereka lakukan karena metode pengolahan data mereka berbeda dengan metoda pengolahan data yang kelompok saya lakukan.

Fourth Week of EHASP: Data Science

Pada minggu keempat, pertemuan-pertemuan semua dibimbing oleh dr. Mulya, dimana beliau menjelaskan mengenai hal-hal seputar database, seperti pengenalan mengenai database, pemodelan database, dan juga pengenalan SQL. Pertemuan-pertemuan ini dilakukan pada tanggal 22, 23, dan 26 Agustus 2022.

Dr. Mulya pun membagikan bahan-bahan yang beliau jelaskan di pertemuan-pertemuan tersebut agar kami dapat mempelajarinya lebih lanjut.

SQL merupakan hal yang baru untuk saya dan saya sendiri membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk memproses dan mengerti apa yang dr. Mulya jelaskan. Namun, setelah saya mempelajari sendiri mengenai SQL menggunakan datacamp, saya dapat mengerti dengan lebih jelas apa itu SQL, dimana SQL adalah bahasa pemograman yang digunakan dengan relasi database.

Saya dan kelompok saya juga melakukan diskusi kelompok pada minggu ini (24/8/22) dengan dr. Budi mengenai progres projek kami dan melanjutkan mengerjakan bersama projek tersebut.

Second Week of EHASP: Data Science

Pada minggu kedua dari kelas ini, kegiatan yang dilakukan lebih banyak kegiatan diskusi dengan kelompok dimana pada diskusi kelompok tersebut kami membahas kursus-kursus yang perlu kami kerjakan sesuai dengan projek kami.

Kami mengadakan diskusi kelompok pertama kami pada hari Senin, 8 Agustus 2022. Pada diskusi tersebut, kami membahas dan mengerjakan kursus “Introduction to R” pada Datacamp.

Continue reading Second Week of EHASP: Data Science

First Week of EHASP: Data Science

Minggu pertama dimulainya EHASP: Data Science ini dimulai dengan adanya pertemuan pertama yang diadakan pada hari Rabu, 3 Agustus 2022.

Pada pertemuan pertama ini, seluruh individu yang terlibat dalam kelas ini memperkenalkan diri. Kelas ini dibimbing oleh tiga dosen, yaitu:

  1. Dwi Agustian, dr., MPH, Ph.D.
  2. Mulya Nurmansyah Adisasmita, dr., M.T.
  3. Budi Sujatmiko, dr., M.Epid.

Kelas ini juga diikuti oleh total 11 mahasiswa FK Unpad yang tercampur oleh angkatan 2020 dan 2021.

Continue reading First Week of EHASP: Data Science