Visit Puskesmas Goes to School!

Hari Senin, tanggal 7 November 2022, saya dan teman-teman tutor saya kembali menjalankan program visit puskesmas setelah berhenti sebentar karena ada Ujian Tengah Semester (UTS) yang harus kami ikuti. Kami pun dibagi berdasarkan beberapa tugas yang diberikan kepada kami. Setelah pembagian, saya dan keempat teman saya yang lainnya mendapatkan tugas membantu penjaringan (screening) dan program BIAS di SD Bintang Madani. Saya dan teman-teman diantar dengan ambulance dari puskesmas Arcamanik.

Pemeriksaan yang dilakukan pada program ini ada beberapa, yaitu pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan mata menggunakan Snellen chart, sert anamnesis dan pemeriksaan fisik. Siswa dan siswi yang diperiksa adalah anak-anak yang sedang duduk di kelas 5. Kami diberikan tugas untuk membantu di bagian pemeriksaan mata, anamnesis dan pemeriksaan fisik, dan pendataan yang dilakukan secara langsung. Pemeriksaan yang dilakukan berjalan dengan tertib dan nyaman. Anak-anak yang datang untuk pemeriksaan juga mengikuti arahan kami dengan baik. Ditambah lagi, guru-guru di sana pun sangat membantu kami dan sangat ramah pada kami.

Setelah selesai, kami pun diberikan konsumsi oleh pihak sekolah. Kami juga diberikan tawaran untuk diantar kembali ke puskesmas.

Saya sangat senang dengan kegiatan hari ini karena saya bisa belajar lebih lagi dan juga bertemu dengan anak-anak. Saya harap hal ini bisa meningkatkan keterampilan saya dalam melakukan pemeriksaan di kemudian hari.