Visit Puskesmas (KIA)

Hari Senin, tanggal 14 November 2022, kami melakukan kunjungan puskesmas kembali. Kami diberikan tugas di beberapa bagian, yaitu KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), poli umum, bagian skrining pasien, poli infeksi, dan posyandu. Saya sendiri mendapatkan bagian membantu di bagian KIA dan bertemu dengan Bu Ussy, bidan yang sedang bertugas pada hari ini. Bu Ussy menjelaskan biasanya untuk hari Senin tidak banyak pasien yang datang. Biasanya poli KIA akan ramai ketika ada pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan juga pemberian imunisasi pada balita yang diadakan di hari lain. Walaupun begitu, tadi kami mendapatkan 3 pasien yang ingin menggunakan KB.

Sebelum ditawarkan jenis-jenis dan dipersilahkan untuk memilih, pasien diperiksa terlebih dulu dan ditanyakan beberapa riwayat penyakit yang dimiliki. Ditanyakan juga umur anak yang terakhir untuk memastikan bahwa keadaan pasien sudah siap dan baik-baik saja. Penggunaan KB dianjurkan sekitar 40 hari setelah melahirkan. Jenis KB yang dianjurkan adalah IUD, tetapi ada pasien yang mengatakan bahwa dirinya takut akan pemasangan IUD dan lebih memilih jenis yang berupa suntikan. Bu Ussy pun memberikan edukasi mengenai hal ini namun tetap mempersilahkan pasien untuk memilih jenis KB apa yang diinginkan oleh pasien.

Bu Ussy juga bercerita mengenai kasus-kasus yang dialami oleh beliau ketika menghadapi pasien. Mulai dari pasien yang mau bekerja sama sampai pasien yang tidak mau mendengarkan pernah beliau hadapi. Beliau mengatakan memang kesulitan yang paling besar adalah hal yang berkaitan dengan edukasi, apalagi KB. Kebiasaan turun-temurun bangsa Indonesia yang menganggap banyak anak banyak rejeki masih ada dan bahkan di beberapa individu masih dipercayai dengan kuat. Namun, dengan memberikan pendekatan yang tidak hanya melihat dari sisi medis, tetapi juga dari sisi lainnya misalnya dari sisi agama. Pendekatan ini dapat membuat pasien mengerti dan memahami pentingnya penggunaan KB.

Kemudian, setelah semua bagian selesai, kami bersama dr. Fitri melaksanakan presentasi kasus yang sudah kami ambil dari minggu sebelumnya. Dokter Fitri banyak memberikan masukan kepada kami mengenai pengobatan dan penyakit yang dialami oleh pasien. Kami sangat senang karena bisa mendapat ilmu-ilmu baru mengenai penyakit berdasarkan rekam medis yang kami ambil.

Banyak hal yang bisa saya pelajari dari kunjungan hari ini. Semoga saya dapat mempelajarinya dengan lebih baik dan mempraktikannya di masa depan dengan benar dan baik juga.